www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

15 Tips Merawat Baterai Laptop





1
tips merawat baterai laptop

Masalah dengan daya tahan baterai laptop adalah masalah yang serius bagi semua orang, dimana jika baterai telah rusak maka fungsi laptop tidak jauh beda dengan komputer yang hanya dapat digunakan jika ada aliran listrik. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu anda dalam menyelesaikan tugas - tugas sekolah, kuliah maupun perkantoran.

Sehingga terkadang anda tidak bisa memaksimalkan pekerjaan. Masalah daya tahan baterai yang rendah maupun baterai yang rusak, itu disebabkan oleh penggunaan kita yang tidak baik dan benar.

Mungkin saja karena kita memang tidak mengetahui cara merawatnya, tetapi mungkin kita tahu tapi kita memaksakan laptopnya untuk digunakan berlama - lama, misalnya melakukan presentasi, mengerjakan tugas dalam waktu lama, dan yang paling cepat menyebabkan baterai rusak adalah bermain game.

Artikel berikut ini akan menyajikan topik tentang tips merawat baterai laptop yang baik dan benar:

1. Jika Anda membeli laptop baru, yang pasti baterainya juga baru dengan daya yang masih kosong.
Meskipun aliran listrik masuk tetapi laptop tidak boleh digunakan. Matikan laptop, lalu lakukan pengisian daya selama 6 jam. Setelah itu laptop baru bisa digunakan.
Konfigurasikan pengaturan baterai dengan tepat. Pada pilihan power plan pilihlah maximum battery life atau power saver untuk menghemat daya baterai.

2. Aturlah waktu sleep mode sekitar 10 menit jika laptop tidak dimatikan agar menonaktifkan layar dan harddisk.

3. Tutuplah program pada start up atau program yang tidak digunakan.

4. Nonaktifkan screen saver, bluetooth atau wifi ketika tidak diperlukan karena sangat menguras daya baterai.

5. Kurangi kecerahan layar laptop.

6. Lepaskan setiap perangkat eksternal jika tidak digunakan, seperti flashdisk, modem, mouse nirkabel, keyboard nirkabel, joystick, harddisk eksternal. Perlu diketahui semua perangkat eksternal ini juga menggunakan daya baterai laptop.

7. Update driver atau bios power manager, karena produsen laptop akan melakukan perbaikan software mereka secara berkala untuk memperbaiki cara kerja hardware untuk menghemat daya baterai.

8. Hindari mengeluarkan suara yang keras dari speaker, kalau anda mendengar musik atau menonton video gunakanlah headset.

9. Saat menggunakan laptop pastikan ruangan dalam keadaan suhu normal atau tidak terlalu panas.

Baca: 4 Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

10. Isilah baterai jika indikator sudah menunjukkan 10% dan lepas pengisi jika sudah mencapai 100%, biasa ditandai dengan perubahan warna lampu. Hindari baterai sampai 0%

11. Jangan melakukan pengisian daya saat petir, atau listrik sering mati hidup.

12. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu lama, lepaslah baterai, lalu bungkus dengan plastik dan simpan di lemari es dengan daya terisi minimal 50 %. Menyimpan baterai di lemari es akan memperkuat daya tahan baterai, tetapi jika tidak ada lemari es, simpanlah di tempan aman dengan suhu kamar.

13. Sering membersihkan ventilasi laptop agar panas yang dihasilkan laptop saat beroperasi dapat keluar dengan baik. Gunakan alat pembersih khusus.

14. Anda harus bisa menahan diri, jangan terlalu sering bermain game, apalagi game - game yang berat seperti PES (Pro Evolution Soccer), Dota, Point Blank, Game Online.

Baca: Manfaat dan Dampak Bermain Game di Komputer

15. Bermain sekali dalam seminggu dan jika Anda bermain game, lepaslah baterai dan gunakan daya listrik dengan menggunakan stabilizer.

Itu adalah 15 tips yang baik dan benar yang disajikan dalam artikel ini. Sangat mudah sebenarnya cara perawatannya. Hanya saja kita harus memberikan perhatian terhadap barang milik kita, jika kita memang menyayanginya.
Jika tips ini anda lakukan maka anda tidak usah khwatir dengan namanya baterai laptop cepat rusak.

Perlu untuk diketahui, kemampuan daya baterai laptop lambat laun akan berkurang, meskipun industri laptop tidak memberi tahu hal ini, bahwa baterai dirancang hanya bertahan pada 300-800 kali siklus pengisian daya (recharge).





0 Komentar untuk "15 Tips Merawat Baterai Laptop"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top