www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Apa yang berubah di Windows 10?





windows 10

Secara mengejutkan Microsoft mengumumkan peluncuran Windows 10. Hal ini cukup mengejutkan publik karena Microsoft tidak menggunakan nama Windows 9 pada produk terbarunya seperti yang ramai diperbincangkan sebelumnya.

Alasannya tidak menggunakan nama Windows 9 tidak dijelaskan secara detail, dalam acara peluncurannya Microsoft menyebut Windows 10 sebagai "platform yang paling komprehensif".
Selain itu juga memudahkan develover karena Windows 10 memiliki sifat bisa berjalan di semua platform sehingga cukup untuk membuat satu aplikasi di atas Windows 10 saja untuk desktop dan mobile.

Pada artikel ini akan diberitahukan kepada anda apa yang baru di Windows 10, yaitu layar "Metro" dan menu Start telah digabungkan sehingga pengguna Windows 7 merasa nyaman, namun Live Tiles pada Windows 8 tetap ada meski ukurannya bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna dan tampilan layar penuh untuk pengguna layar sentuh akan tetap ada seperti pada Windows 8.

Tampilan ini hadir dalam mode khusus bernama "Continuum" untuk memudahkan pengguna laptop mengoperasikan Windows 10 di tablet.
Berikut ini rangkuman tentang hal - hal yang ada pada Windows 10:
1.      Upgrade:
Pengguna Windows bisa mendapatkan Windows 10 tahun 2015 dengan mendaftarkan diri dalam Windows Insider Program pada situs Microsoft dengan url preview.windows.com
2.    Aplikasi:
Aplikasi - aplikasi yang diluncurkan di Windows 10 akan bersifat universal, artinya bisa windows 10 dijalankan pada semua jenis perangkat, seperti PC, smartphone dan tablet.
3.    Antarmuka (Interface):
Windows 10 bersifat opsional dalam pengoperasiannya dengan layar sentuh. Misalnya saat pengguna memasang keyboard pada tablet, maka antarmuka yang ditampilkan berupa tampilan desktop standar komplit dengan tombol Start yang kembali hadir, tetapi jika dilepas, maka pengguna akan mendapatkan antarmuka layar sentuh layaknya Windows 8.
Hadir juga antarmuka Snap, yang bisa menampilkan lebih dari 1 aplikasi dalam 1 jendela.
Microsoft menambahkan dukungan kuadran layout yang memungkinkan menampilkan 4 jendela aplikasi sekaligus yang berjalan bersamaan.
4.    Tombol Start Menu:
Windows 10 kembali memuat tombol Start menu di posisi sakralnya selama ini di pojok kiri bawah, tapi yang berbeda Start menu tersebut juga memiliki bagian yang menampilkan jendela Live Tiles seperti pada Windows 8 yaitu menu kotak - kotak.
Hal ini merupakan gabungan dari Windows 7 dan Windows 8.
5.     Dukungan Perangkat: 
Belum pasti apakah semua perangkat Windows yang beredar saat ini akan mendukung Windows 10 atau tidak. Namun Microsoft mengembangkan Windows 10 dari basis Windows 8.1 yang telah mengusung komputasi 64 bit.


Namun perlu diketahui bahwa, beberapa prosesor yang sudah lawas tidak lagi mendukung Windows 10, jika Anda membeli perangkat Windows yang diluncurkan saat ini hingga satu tahun mendatang, kemungkinannya perangkat tersebut bisa dipasang Windows 10.

Inilah hal - hal yang perlu anda ketahui tentang Windows 10, yang penggunaannya masih sedikit.

Tidak sabar kan teman – teman untuk mencoba keluaran baru dari Microsoft ini. Jadi ingin melihat hal – hal yang baru ya?
Semoga secepatnya sampai di Indonesia, gunakan yang original ya.


Demikian artikel tentang windows 10 ini, semoga ini menjadi informasi yang tepat bagi anda untuk memilih menggunakan  Sistem Operasi windows terbaru atau tidak.





3 Komentar untuk "Apa yang berubah di Windows 10?"

Menurut saya saya masih nyaman pakai Win 7, entah stabil atau belum win 10 itu

Bisa juga, ini masih di review. kualitasnya belum tahu kita.

masih setia sama 7, sempat coba pake 8.1 terasa berat

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top