www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

4 Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya





penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya

Laptop mati sendiri secara tiba - tiba atau mendadak disebabkan oleh virus atau pun overheat/kepanasan.
Penyebab utama laptop mati sendiri dikarenakan masalah pada hardware yang tidak bekerja sesuai sistemnya, hardware yang tidak bekerja dengan baik karena tidak mampu mengeksekusi perintah yang diberikan dari inputan.
Berikut ini akan dijelaskan masalah - masalah yang sering terjadi pada hardware yang  bisa menyebabkan laptop mati sendiri.
Silahkan disimak pada bagian di bawah ini:

1. Laptop kepanasan(overheating).

Cara mengataasi laptop mati sendiri

Laptop mempunyai system otomatis mematikan dirinya sendiri jika mengalami kepanasan.
System sensor panas pada laptop akan mematikan power laptop jika suhu sudah mencapai tingkat tertentu.


Solusinya adalah pastikan bahwa saluran udara pada bagian bawah laptop dalam keadaan bersih. Bersihkan dari segala debu untuk memperlancar saluran udaranya. Jika harus menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya menggunakan sebuah cooling pad, karena ini akan membantu mempercepat pembuangan udara panas dari laptop

2. Permasalahan pada RAM
Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop yang bisa menyebabkan laptop mati sendiri atau setidaknya laptop hang ketika sedang digunakan.

  • RAM yang tidak pas pada kedudukannya atau kaki RAM tidak rapat pada slot. 
  • Kaki atau pin RAM sudah mengalami korosi. 
Kedua masalah RAM ini akan menyebabkan kontak antara slot memori dengan memori akan terhambat. Ini akan menyebabkan RAM susah diakses, laptop akan bekerja lebih keras dan lebih cepat panas dan kalau sudah kepanasan maka akhirnya laptop mati sendiri.
Solusinya adalah bersihkan RAM dengan menggunakan penghapus pensil atau pulpen, Gosokkan perlahan-lahan pada bagian tersebut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Lalu pasang kembali RAM pada tempatnya. Jika tidak mempunyai pengalaman dalam membuka motherboard laptop, segera bawa ke pusat – pusat service laptop terdekat.

3. Processor laptop terlalu panas.
Jantung laptop ini jika terlalu panas akan menyebabkan pula perintah otomatis untuk mematikan laptop. Itu sebabnya jika ini terjadi maka laptop mati sendiri. Penyebab processor laptop overheating ini bisa disebabkan karena mungkin antara pendingin dengan CPU tidak menempel dengan baik karena pasta CPU sudah kering.

Solusinya adalah buka processor, bersihkan pasta lama dan tambahkan pasta baru pada processor.
Jika tidak mempunyai pengalaman dalam membuka motherboard laptop, segera bawa ke pusat – pusat service laptop terdekat.

4.Kerusakan mainboard.
Jika ini sudah terjadi, sebaiknya anda harus melihat buku panduan yang telah terpercaya untuk membantu anda, jika anda tidak bisa memperbaiki, sebaiknya gunakanlah jasa servis komputer.

Dari 4 point diatas harapan saya sudah bisa membantu anda dalam mengatasi laptop mati sendiri

Berikut adalah langkah - langkah untuk mengatasi laptop yang tiba - tiba mati sendiri:
  • Lakukanlah scanning virus dengan antivirus laptop anda.
  • Jika disebabkan oleh laptop Anda yang kepanasan, untuk memastikan cek bagian bawah laptop, jika suhunya panas bisa jadi masalahnya karena overheating.


Berikut beberapa cara mengatasi laptop yang overheating:
1. Gunakan bidang datar untuk alas laptop
Gunakan bidang datar seperti meja sebagai alas laptop agar sirkulasi panas dapat berjalan dengan baik, hindari pemakaian laptop diatas kasur atau permukaan yang tidak rata.
2. Gunakan Cooling Pad
Cooling Pad digunakan untuk membantu melancarkan sirkulasi panas pada laptop, membantu menurunkan suhu laptop. Gunakanlay Cooling Pad yang berbahan kokoh dan memiliki kipas yang lebih dingin
3. Bersihkan hardware dari debu
Membersihkan hardware dari debu membantu perangkat berjalan semestinya.

Ini adalah beberapa masalah pada hardware laptop yang menyebabkan laptop bisa mati sendiri secara mendadak, jika Anda melakukan ini tidak memberi pengaruh segeralah membawanya ke pusat Service Laptop.

Karena membuka casing laptop secara tidak profesional oleh orang awam sangat berisiko, dan dapat menyebabkan kerusakan fatal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu masalah anda untuk mengatasi laptop yang mati sendiri.





Tag : Komputer, Laptop, Tips
0 Komentar untuk "4 Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top