www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

5 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya





Penyebab Not Responding pada komputer atau laptop disebabkan karena komputer terlalu lambat untuk melakukan proses dari perintah yang diinputkan.

Contoh jika kita membuka sebuah aplikasi yang lumayan berat, seringkali akan melakukan loading yang lama sehingga kita menutup dan mengeluarkan aplikasi tersebut, tetapi komputer tersebut menjadi Not Responding dan kita tidak dapat melakukan apan pun,  klik tidak bisa, close tidak bisa.

Penyebab Not Responding juga diakibatkan oleh karena hardware dan software tertentu pada komputer mengalami kerusakan. Selain itu ada juga yang disebabkan karena kurang perawatan pada komputer sehingga menyebabkan sebagian system tidak terkelola.

Berikut merupakan masalah - masalah penyebab terjadinya Not Responding dan cara mengatasi komputer not responding:

1. Shortcut yang banyak
tips mengatasi komputer not responding
Shorcut Terlalu Banyak
Shorcut yang berlebihan dan tidak berguna atau jarang diakses pada desktop.
Cara mengatasinya hapuslah shortcut yang tidak penting dan gunakanlah shortcut yang biasaya diakses saja.

Atau jangan menampilkan shorcut tersebut dengan cara:
  • Klik kanan pada desktop
  • Pilih View
  • Hilangkan centang pada Show Desktop Icon
Perhatikan gambar berikut ini:
penyebab komputer not responding

2. Terlalu banyak aplikasi

Komputer akan lambat jika terlalu banyak aplikasi yang terinstal karena proses yang dilakukan semakin berat dan akan mengakibatkan Not Responding.


Uninstal aplikasi yang tidak terlalu pentind dan berkapasitas besar, dan gunakan aplikasi yang benar -  benar dibutuhkan.

3. Tampilan yang berlebihan
Tampilan yang cantik memang akan menarik untuk dipandang mata, tapi hal ini justru membuat komputer lebih lambat. Contohnya memasang gadget dan menggunakan tema yang 3D dapat mengakibatkan Not Responding.

Hal ini disebabkan semua proses ini akan dilakukan dalam RAM, jadi jika ukuran RAM kecil otomatis tidak dapat menampung perintah sebanyak ini

Cara mengatasinya adalah gunakanlah tema yang standar bawaan dari windows (jika menggunakan windows sebagai system operasi) atau untuk system operasi lainnya.

4. Kerusakan Hardware
Not Responding juga terjadi akibat kerusakan pada hadwarenya.
Contohnya jika komputer kita terjadi benturan pada hardisknya maka akan menyembabkan eror dan lambat. Kerusakan pada hardware juga akan rentan jika umur komputer atau laptop memang sudah lama. Jadi lakukan perawatan yang baik pada PC ataupun laptop anda.

5. Kerusakan pada Sistem Operasi
Terjadinya Not Responding bisa disebabkan oleh Sistem Operasi yang rusak atau terinfeksi virus. Cara mengatasinya adalah lakukan scan virus secara rutin atau instal ulang jika kerusakan Sistem Operasi sudah parah.

Demikianlah beberapa penyebab komputer menjadi Not Responding dan cara mengatasinya, semoga dapat membantu masalah Not Responding pada komputer atau laptop anda.
Jadi anda harus mengenal dimana letak permasalahannya kemudian anda baru bisa melakukan cara untuk mengatasinya.





Tag : Komputer, Tips
2 Komentar untuk "5 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya"

Saya baru nyadar kalau shotcut itu juga bisa nyebabkan komputer lola. :D

salah satunya kebanyakan shorcut memang, bahkan kalo komputer kita baru hidup, shorcutnya belum muncul semua :-)

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top