www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Cara mengetahui perbedaan 32 Bit dan 64 Bit pada Komputer dan Windows





Cara mengetahui perbedaan 32 Bit dan 64 Bit pada Komputer dan Windows

Didalam komputer sering kita dengar istilah 32 bit dan 64 bit.

Apakah anda mengerti apa maksudnya?

Kali ini saya akan membagikan informasi cara mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit pada prosesor dan windows sebagai Sistem Operasi

Kata "bit" mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai digit dalam bilangan.  

Istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada kemampuan prosesor komputer dalam menangani bit - bit informasi. Pada Sistem Operasi Windows, sistem 64 bit menangani sejumlah besar RAM lebih efektif dibandingkan dengan 32 bit.
Sistem Operasi 64 bit akan lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program dibandingkan dengan Sistem Operasi 32 bit.
Pada prosesor 32 bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas RAM maksimal 4GB sementara prosesor 64 bit dapat bekerja dengan kapasitas RAM hingga 17 juta GB dan mampu menangani tugas hingga 2 kali lipat.

Prosesor 32 bit ditulis dengan 32-bit atau "x86" dan 64 bit ditulis 64-bit atau "x64".

Untuk memaksimalkan kinerja komputer, kita harus menyesuaikan antara OS dan jenis prosesor. Misalnya jika prosesor kita sudah 64 bit, maka sebaiknya kita mengintal OS seperti Windows 64 bit, jangan menginstal Windows 64 bit pada prosesor 32 bit

Jadi jika laptop atau komputer Anda hanya memiliki RAM sampai 4GB, sebaiknya Anda memakai Windows 32 bit, terutama notebook yang hanya memiliki 2 slot memori dimana setiap slot hanya dapat diisi maksimal 2 GB saja. Biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32 bit.

Tetapi jika RAM di atas 4 GB, silahkan memakai Windows 64 bit tetapi jangan menggunakan hardware lama yang driverya tidak tersedia lagi. 
Berikut ada 2 cara untuk mengetahui apakah sebuah prosesor mendukung OS 32 bit atau 64 bit, yaitu:

1. Melihat informasi pada System Properties
Misalnya pada Windows 7 dapat dilihat dengan cara:
  • Klik kanan pada icon My Computer yang ada di desktop atau Start Menu
  • Pilih Properties, maka tampil.
perbedaan sistem 32 bit dan 64 bit pada windows

2. Melalui Control Panel
  • Bukalah Control Panel melalui Start-Control Panel
  • Klik System and Security
  • Klik System


Maka akan muncul layar View basic information about your computer.

3. Gunakan software Securable. 

Aplikasi ini hanya berukuran 115 KB saja, jika dijalankan maka hasilnya langsung terlihat apakah prosesor support 64 bit atau tidak.
perbedaan 32 bit dan 64 bit pada windows

Jika Windows 64 bit lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program dan bisa memaksimalkan RAM, tetapi juga mempunyai kelemahan sebagai berikut:

  • Biasanya beberapa software hanya bisa dijalankan pada Windows 32 bit
  • Driver hardware versi lama masih banyak hanya menyediakan untuk Windows 32 bit.


Demikianlah informasi yang saya bagikan tentang Perbedaan Sistem 32 bit dan 64 bit pada prosesor dan Sistem Operasi.
Jadi kesimpulannya, jika Anda sudah mengetahui bit pada processor Anda, jangan menggunakan system operasi yang berbeda, karena sebagian softaware juga tidak mendukung jika digunakan pada OS yang berbeda pula. Kemudian system 32-bit hanya didukung untuk RAM yang berukuran sampai 4GB, tetapi untuk system 64-bit dapat didukung pada RAM sampai ukuran 17 juta GB, tetapi kekurangannya banyak software yang belum mendukung system 64-bit ini.






3 Komentar untuk "Cara mengetahui perbedaan 32 Bit dan 64 Bit pada Komputer dan Windows"

software Securable itu gratis downloadnya?

Iya, gratis. Ukurannya pun sangat kecil

Bgaimna klau harddisk yang hnya berukuran 2 gb .
Soalnya laptop aku lptop kluaran lama min .
Cocoknya 32 byte atau 64
Mhin bntuannya 😄

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top