www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Proses Perkembangan Windows





proses perkembangan windows
Windows merupakan salah satu sistem operasi dari Microsoft Corporation yang telah memonopoli pasar dunia dan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Perkembangan Windows sendiri sangat pesat, dan Microsoft sendiri selalu berusaha untuk mengembangkannya untuk lebih user friendly dan selalu menambah fitur - fitur yang membuat pengaksesannya jadi lebih mudah.
Artikel kali ini akan menyajikan kepada anda tentang sejarah perkembangan Sistem Operasi Windows yang dimulai dari Windows 1.0 sampai Windows 10.0.

Silahkan simak dibawah ini.
1. Windows 1.0
Windows 1.0 adalah versi pertama sistem operasi di dunia. Diluncurkan pertama kali pada tanggal pada 10 November 1983, tetapi baru dipasarkan pada 20 November 1985. Sistem operasi ini masih berbasis GUI (Graphical User Interface).
Di dalam Windows 1.0, Microsoft mengintegrasikan banyak program seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CadrFile dan Clipboard.

2. Windows 2.0
Dirilis pada 9 Desember 1987 yang merupakan seri kedua dari Microsoft, dan masih berbasis GUI. Namun, seri kedua ini sudah mendukung penggunaaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA(Video Graphics Array), dan mendukung prosesor Intel 80268 sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pixel dalam warna 4 bit.

3. Windows 3.0
Dirilis pada 22 Mei 1990 sistem opersi ini masih berbasis GUI, namun memiliki semua kelebihan dari seri sebelumnya, seperti sudah mendukung kartu grafis VGA dan XGA, icon yang dibuat lebih banyak.

Selain itu Windows 3.0 telah dapat menggunakan memori di atas 640KB dan dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan. Kemudian hadir lagi versi 3.10 pada 6 April 1992 yang jauh lebih sukses dibandingkan versi - versi sebelumnya.

Windows 3.10 ini dilengkapi dengan fitur multimedia, seperti Midi, Wave, CD Audio, juga disertakan MCI(Media Control Interface) dan dilengkapi fitur TTF(True Type Font) dan mampu berjalan pada RAM 1 MB. Setelah itu, hadir lagi Windows NT 3.1 pada 27 Juli 1993 yang dapat berjalan pada prosesor Intel CPU x86, Dec Alpha dan MIPS R4000.

Kemudian hadir lagi Windows NT 3.5 pada 21 September 1994 dengan Service Pack 3 dan memiliki rating C2 oleh NSA(National Security Agency).

4. Windows 95
Versi ini adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit edisi pertama sekali pada tahun 1995. Diperkenalkan tanggal 14 Agustus 1995 dan pertama kalinya menggunakan rancangan Start Menu dan inovatif untuk mengakses grup program.

Pada seri ini juga telah diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti file manager, dukungan Plug and Play.

5. Windows 98
Windows ini berbasis 16 bit dan 32 bit yang merupakan penerus dari Windows 95. Dirilis pada 15 Mei 1998 kemudian pada 5 Mei 1995 diluncurkan Windows 98 SE(Second Edition).

6. Windows 2000
Adalah sebuah sistem operasi versi pengembangan dari NT versi 4.0 yang dikeluarkan pada 17 Februari 2000. Berikut ini beberapa fitur yang ditambahkan:

  • Active Directory yang baru
  • Image Preview
  • Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0
  • Dukungan untuk Microsoft Direct X
  • Windows Media Player 6.4 terintegrasi
  • Plug dan Play yang lebih canggih, sehingga saat memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui restart
  • Menggunakan driver berbasis WDM (Windows Driver Model)
  • Dukungan untuk manajemen daya lebih baik, yaitu dengan ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) dapt menghemat daya ketika digunakan pada laptop atau notebook
  • Terminal Service yang telah terintegrasi

Windows 2000 merupakan sebagai sistem operasi yang paling stabil pada zamannya oleh banyak pengamat.

7. Windows ME

Versi ini didesain khusus untuk pengguna rumahan. Diluncurkan pada 14 Septembeer 2000 dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Merupakan sistem operasi transisi antara 16 bit ke 32 bit, sehingga program 16 bit dan 32 bit dapat didukung lebih baik.

8. Windows XP
Sistem Operasi ini berbasis grafis untuk digunakan pada komputer pribadi, mencakup komputer rumah dan bisnis, laptop, Media Center.

Nama XP adalah kependekan dari "Experience". Dirilis pada 25 Oktober
2001 lebih dari 400 juta salinan instalasi sampai pada Januari 2006.

9. Windows Vista
Windows ini merupakan salah satu produk yang dianggap gagal sehingga tidak banyak orang yang tahu. Ada orang mengatakan bahwa kegagalan versi ini karena membutuhkan hardware yang tinggi dan berat. Ada beberapa edisi dari Windows Vista, seperti Home Basic, Home Edition, Business, Entreprise dan Ultimate sebagai penggabungan fitur edisi sebelumnya.

10. Windows 7
Dirilis pada 22 Oktober 2009 untuk menggantikan Vista.

Versi ini lebih fokus pada pemgembangan dasar Windows dengan tujutan agar lebih kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista
Ada 6 edisi dari Windows 7 yang hampir sama dengan Windows Vista yaitu Ultimate, Profesional (pada Windows Vista disebut Business), Enterprise, Home Premium, Home Basic dan Starter.


11. Windows 8
proses perkembangan windows
Windows 8
Windows 8 dirilis pada 26 Oktober 2012 dengan versi 8.0 diproduksi untuk lebih banyak perangkat seperti komputer rumah, komputer bisnis, laptop, notebook, tablet, server dan PC Media Center. Sistem Operasi ini dapat menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor dari Intel dan AMd.

User Interface diubah lebih user friendly karena didesain untuk touchscreen sehingga dapat digunakan di tablet sehingga tidak hanya bisa dengan mouse dan keyboard.

Pada 26 Juni 2013, Microsoft kembali merilis versi Uji Coba untuk Windows 8.1 sebagai pembaruan untuk Windows 8 yang banyak mendapat kritikan dari pengguna, sehingga disediakan update secara gratis. Windows 8.1 sendiri merupakan penyempurnaan dari Windows 8.0.
Berikut ini adalah fitur yang diubah dan ditambahkan:

  • Tombol start kembali dimunculkan
  • Snap yang merupakan fitur yang dapat menggunakan 4 aplikasi dalam 1 layar tergantung ukuran layar pada komputer, laptop, notebook atau tablet yang Anda gunakan.
  • Mode Hands Free untuk dioperasikan pada Smartphone sekelas Samsung Galaxy S4 yang dimana pengguna dapat menggulirkan halaman situr yang dibaca tanpa menyentuhnya.
  • Dapat membuka kamera saat sistem operasi terkunci sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna
  • Miracast Alternatif Bluetooth fitur alternatif untuk menghubungkan koneksi nirkabel dengan kecepatan tinggi. Fitur ini membantuk pengguna untuk menghubungkan Windows 8.1 ke proyektor, Xbox One, konsol atau ke televisi tanpa kabel. Sehingga bagus untuk streaming video atau bermain game ditablet kecil dan ditampilkan pada TV misalnya.


12. Windows 10
proses perkembangan windows
Windows 10
Kemudian hadirlah sebuah versi terbaru yang rencananya dipasarkan pada tahun 2015. Dalam acara peluncurannya Microsoft menyebut Windows 10 sebagai "platform yang paling komprehensif". Selain itu juga memudahkan develover karena Windows 10 memiliki sifat bisa berjalan di semua platform sehingga cukup untuk membuat satu aplikasi di atas Windows 10 saja untuk desktop dan mobile.
Yang baru pada Windows 10 yaitu layar "Metro" dan menu Start telah digabungkan sehingga pengguna Windows 7 merasa nyaman, namun Live Tiles pada Windows 8 tetap ada meski ukurannya bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna dan tampilan layar penuh untuk pengguna layar sentuh akan tetap ada seperti pada Windows 8. Tampilan ini hadir dalam mode khusus bernama "Continuum" untuk memudahkan pengguna laptop mengoperasikan Windows 10 di tablet. 

Fitur yang ditambahkan adalah Windows 10 dapat dijalankan pada semua jenis perangkat, tombol start kembali hadir  dan bersifat opsional dalam pengoperasiannya dengan layar sentuh, fitur Snap yang dapat menampilkan 4 jendela aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.

Inilah hal - hal yang perlu anda ketahui tentang proses  perkembangan Windows sehingga anda lebih mengetahui Windows mana yang paling baik sehingga dapat lebih memilih untuk menggunakannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terimakasih telah berkunjung, tinggalkan komentar anda dan silahkan berkunjung kembali.





2 Komentar untuk "Proses Perkembangan Windows"

Setelah windows 7, gue belom coba ke windows versi berikutnya...

Bagus kok, lebih ringan terutama untuk Windows 8.1

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top