www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Pilih processor AMD dan Intel? Mana lebih bagus?






mana lebih bagus intel atau amd

AMD (Advanced Micro Device) dan Intel adalah dua perusahaan yang paling terkenal memproduksi motherboard dan prosesor diantara perusahaan - perusahaan lainnya.

AMD dan Intel sama - sama menawarkan prosesor dengan jenis dan kecepatan berbeda, sehingga akan sulit untuk membandingkan produk yang dibuat oleh keduanya. Hanya saja, Intel memiliki presentase penguasaan pasar lebih besar dibandingkan AMD.

Pada artikel kali ini akan dikaji bersih perbedaan prosesor Intel atau AMD, sehingga Anda tidak bingung nanti jika ingin membeli laptop.

Salah satu perbedaan yang paling jelas adalah harga prosesor AMD cenderung lebih murah dibanding dengan Intel karena Intel telah menjadi pemimpin pasar dalam produksi motherboard dan prosesor sejak awal.

Sebagai perusahaan yang baru, tidak dapat dihindarkan bahwa produk AMD dipengaruhi oleh harga dan produk Intel.
Dilihat dari desain, prosesor Intel umumnya lebih cepat dari AMD, namun prosesor AMD dianggap lebih efisien.

AMD vs Intel, manakah yang memiliki performa lebih baik?

Dari beberapa hasil pengujian, bisa ditarik kesimpulan bahwa prosesor dengan Dual Core atau Quad Core milik Intel memiliki kemampuan kinerja lebih baik dibanding dengan prosesor core tunggal milik AMD.

Jika dibandingkan prosesor Intel Core Duo dan AMD Athlon 64 X2 maka sebagian besar pengujian menunjukkan nilai Intel lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor AMD.

Tapi, yang anda harus perlu tahu dan ingat 1 hal bahwa CPU itu digunakan untuk kegiatan apa dan aplikasi apa saja yang akan digunakan. Jika Anda memang benar - benar memerlukan prosesor multicore memang tidak ada salahnya, tetapi jika tidak, anda boleh saja membeli prosesor core tunggal dengan harga lebih terjangkau dan aplikasi yang ada di pasaran kompatibel dengan prosesor ini.

Dalam hal pamor, Intel memang lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan AMD. Tetapi dari segi kualitas AMD merupakan saingan terberat Intel. Prosesor Bulldozer dari AMD sebagai prosesor terbaru AMD yang merupakan prosesor tercepat saat ini sebanding dengan Intel Core i7 milik Intel yang terbaru juga.

Untuk kinerja kedua dari prosesor ini memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing -  masing.
Untuk mengetahui hal - hal tersebut, akan disajikan informasi tentang kelebihan dan kelemahan dan kedua processor ini, yaitu:

1. Intel
Kelebihan:

  • Temperatur pada Intel diatur sendiri oleh prosesornya, jika prosesor terlalu panas maka prosesornya akan mengurangi kecepatan kinerjanya
  • Prosesor Intel lebih kuat pada aplikasi multimedianya.
  • Kinerja dari prosesor sendiri tidak berisik, teknologi ini menggunakan heatsink saja dan tidak menggunakan pendingin aktif seperti kipas
  • Intel menang dalam pasarannya, hal ini berarti Intel lebih duluan dan lebih terkenal daripada AMD


Kelemahan:

  • Dalam urusan segi grafis memang Intel lebih lemah daripada AMD
  • Harga lebih mahal dibanding AMD meskipun kecepatan prosesornya setara
  • Susah diperbaiki jika mengalami kerusakan karena prosesor menyatu dengan motherboard
  • Jika terjadi kerusakan maka membutuhkan biaya cukup besar.
  • Harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk performanya yang hebat atau jika ingin memiliki processor intel yang lebih tinggi tingkatannya.

2.AMD
Kelebihan:

  • Teknologi AMD64 sangat baik dalam menjalankan aplikasi yang berbasis 64-bit.
  • Harga lebih murah dibanding dengan Intel
  • Grafis AMD lebih tinggi dibanding Intel
  • Enhanced Virus Protection Teknologi pada AMD memungkinkan prosesor mendeteksi virus, dan jika terdeteksi virus tersebut maka tidak akan di proses.


Kelemahan:

  • Tidak semua game kompatibel dengan AMD
  • Prosesor AMD cepat panas
  • AMD kalah pamor dari Intel, sehingga masyarakat lebih banyak yang memilih Intel daripada AMD

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan kedua prosesor tersebut.

Jadi intinya kembali kepada Anda untuk memilih yang mana sesuai keinginan anda dan tergantung dengan kebutuhan anda.
Di Indonesia hanya dikenal prosesor kedua merk ini, atau mungkin bagi sebagian masyarakat awam hanya mengenal Intel.

Inilah beberapa hal yang disajikan tentang perbandingan Intel dan AMD, supaya anda tidak bingung jika ingin membeli komputer atau laptop baru.

Artikel ini tidak menginformasikan bahwa AMD lebih baik dari Intel atau Intel lebih baik dari AMD, tetapi dari penjelasan yang dimuat pada artikel ini anda bisa memiliki pandangan yang mana lebih bagus dari kedua processor ini.





Tag : Komputer, Tips
2 Komentar untuk "Pilih processor AMD dan Intel? Mana lebih bagus?"

Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya ya!! ^^
http://rentallaptopmalang.blogspot.com/

Ok mas... segera ke tkp. Hehehe...

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top