www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Cara Konfigurasi IP pada Windows 7





cara konfigurasi IP pada windows 7
Selamat pagi semua, kembali saya membuat artikel terbaru tentang Cara Konfigurasi IP pada Windows 7. Sebelumnya kita akan membahas apa itu konfigurasi IP, kalau pengenalan IP silahkan baca di artikel sebelumnya Mengenal TCP/IP Jaringan Komputer.
Maksud dari konfigurasi di sini adalah melakukan setup apakah kita ingin menerima IP otomatis atau membuat IP secara manual. Fungsi dari konfigurasi IP adalah untuk untuk menghubungkan 2 atau lebih PC agar dapat melakukan pertukaran data.
Maka pada artikel ini saya akan memberikan langkah - langkah konfigurasi IP pada Windows 7.
Untuk konfigurasi IP pada windows 7 dapat dilakukan langkah - langkah berikut:
1. Pada sudut kanan bawah klik symbol untuk menangkap sinyal Wifi/LAN
2. Kemudian pilih Network Connection yang tertera pada connection acces
3. Lalu pilih salah satu jaringan yang ingin disetting, Local Area Network. Pilih Local Area Network kemudian klik properties seperti pada gambar berikut.
4. Setelah itu muncul jendela Connection Properties. Kemudian pilih Internet Protocol version 4(TCP/IPv4) maka klik properties maka kita mulai memasukkan IP yang ingin kita konfigurasi. Ada 2 tipe yaitu Obtain an IP address automatically artinya kita menyetting IP yang kita terima otomatis dari jaringan yang ada sedang use the following IP address menyetting IP secara manual sesuai kebutuhan kita. Lalu klik OK.
Keterangan:
1. IP adress: diisi dengan lamat IP yang diinginkan. Dapat berupa alamat kelas IP yang digunakan atau hasil dari subnetting.
2.Subnetmask: merupakan alamat yang telah ditentukan oleh masing - masing kelas IP atau hasil subnetting yang diterapkan.
3. Default gateway: merupakan alamat IP gateway untuk menghubungkan PC dengan komputer lainnya yang berbeda kelas atau jaringan lainnya.
4. DNS: merupakan alamat IP DNS yang dimiliki oleh jaringan tersebut biasanya berupa IP public yang digunakan untuk koneksi ke Internet.

Sebagai contoh sederhana pengaplikasian konfigurasi IP ini adalah dengan menghubungkan 2 komputer atau laptop dengan menggunakan UTP cat5 cross cable.
Maka aturlah IP Adress dan subnet mask kedua komputer tersebut, lihat di bawah ini.
  • Komputer A IP address = 1o2.168.100.1 dan subnet mask = 255.255.255.0
  • Komputer B IP address = 1o2.168.100.2 dan subnet mask = 255.255.255.0
Kemudian buka property TCP/IP pada masing - masing komputer dan pilih "Use the following IP address" dan ketikan IP masing - masing dengan subnet yang sama, untuk teks box yang lain kosongkan. Lalu ketikkan alamat IP-nya pada Start dan Anda sudah bisa saling mengirim data. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan komentar Anda dan silahkan berkunjung kembali.

Baca juga: Jenis Media Transmisi Jaringan Komputer





2 Komentar untuk "Cara Konfigurasi IP pada Windows 7"

kalo bisa sama gambarnya dong biar mempermudah

Iya saya juga bingung mbak, kok yang satu ini gak ada dulu gambarnya ya?

Sekarang udah pake windows 10 pula.

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top