www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Pengenalan Organisasi dan Arsitektur Komputer





pengenalan organisasi dan arsitektur komputer
Selamat bertemu kembali dengan Anda semua. Sudah lama sekali aku tidak update Blog Tips dan Info Komputer Ini. Waktu aku buka, sudah sangat debuan sekali. Jadi sebelum aku buat postingan baru. Aku bersih - bersih dulu di blog ini.
Yah... sudah hampir 4 bulan juga blog ini tidak diperbaharui karena kesibukan aku di kampus. Maklum sudah semester 4, jadi sangat sibuk kegiatan dan mengerjakan projek tugas kuliah. Penasaran ya kampus aku dimana? Aku kuliah di S1 Ilmu Komputer USU, kalo yang tahu silahkan main - main ke sana ya.
Tanpa basa basi lagi, aku akan menjelaskan kepada Anda tentang ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER. Mungkin Anda pernah menemui kata ini, dan aku menjumpai kata ini dalam sebuah mata kuliah di semester 4. Maka untuk postingan kali ini khusus menjelaskan Organisasi dan Arsitektur Komputer.
Kita terlebih dahulu mengetahui apa pengertian Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer.
Organisasi Komputer merupakan bagian yang mempelajari terkait unit - unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, seperti teknologi hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori yang saling bekerjasama. Organisasi Komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan perangkat keras komputer yang saling terhubung satu sama lain dan saling bekerjasama, sedangkan;
Arsitektur Komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, seperti set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme Input/Output, jumlah bit yang dignakan untuk representasi data. Atau dapat disebut konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem.
Kita dapat membaca kutipan ini "Arsitektur sama, Organisasi dapat berbeda" yang artinya: Arsitektur komputer dapata bertahan bertahun - tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai perkembangan teknologi.
Jadi Arsitektur Komputer tidak sama dengan Organisasi Komputer tetapi sangat berbeda. Perbedaan utama antara arsitektur dan organisasi komputer adalah:

A. Organisasi Komputer:
  • Bagian yang terkait erat dengan unit - unit operasional
  • Contoh: teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, sistem memori dan sinyal - sinyal kontrol.
B. Arsitektur Komputer:
  • Atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
  • Contoh: set instruksi, aritmatika yang diperlukan, teknik pengalamatan, mekanisme Input/Output.

Dalam aristektur komputer ada 2 tipe arsitektur yang dikenal luas oleh masyarakat, yaitu:
  • Arsitektur Von Neumann
  • Arsitektur Harvard

A. Arsitektur Von Neumann
Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program (ROM= Read Only Memory) dan data (RAM = Random Access Memory) dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memilik address dan data bus tunggal untuk mengalamatkan program (intruksi dan data. Bagian komputer terdiri dari tiga komponen yaitu CPU (Central Processing Unit); memory dan Input/Output. Ketiga  komponen tersebut terhubung melalui sistem bus.
Kelebihan model arsitektur Von Neumann:
a. Fleksibilitas pengalamatan program dan data
b. Program selalu ada di ROM dan data selalu ada di RAM
c. Arsitektur Von Neumann memungkinka prosesor untuk menjalankan program yang ada di dalam memori data (RAM).

Kelemahan model arsitektur Von Neumann:
a. Data bus tunggal menyebabkan instriuksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa melakukan overlapping
b. Bandwitdh program harus sama dengan bandwitdh data
c. Processor Von Neumann membutuhkan jumlah clock PI (clock per Intruction) yang relatif lebih banyak.

B. Arsitektur Harvard:
Kelebihan model arsitektur Hardvard:
a. Bandwith program tidak harus sama dengan bandwitdh data
b. Instruksi dapat dilakukan lebih singkat dan cepat
c. Memori program dan data terpisah
d. Opcode dan Operand dapat dijadikan dalam satu word intruksi saja

Kelemahan model arsitektur Hardvard:
a. Tidak memungkinkan untuk menempatkan data pada ROM
b. Tidak memungkinkan untuk mengakses data yang ada pada RAM

Demikianlah penjelasan tentang Pengenalan Organisasi dan Arsitektur Komputer kepada Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda dalam menambah wawasan dan mengerjakan tugas Anda dalam kuliah.





Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Pengenalan Organisasi dan Arsitektur Komputer"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top