www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Jenis Media Transmisi Jaringan Komputer





Selamat malam teman - teman, kali ini aku akan membagikan kepada Anda artikel tentang Jenis Media Transmisi Jaringan Komputer. Transmisi di sini diartikan proses perpindahan ataupun pertukaran data dari komputer ke komputer, komputer ke server, ataupun komputer ke media elektronik lainnya. Jadi untuk melakukan pertukaran data tersebut, tidak terjadi begitu saja. Dibutuhkan media yang sebagai perantara untuk proses pengiriman data tersebut. Jadi di bawah ini dijelaskan apa saja media untuk pertukaran data tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda.
1. Media transmisi dengan menggunakan kabel (wire)
Untuk media ini, kabel yang digunakan terbagi atas 2, yaitu:
a) Copper media, yaitu kabel yang digunakan terbuat dari tembaga. Jenis kabel ini memiliki banyak tipe, diantaranya:
1. Coaxial cable, karakteristik kabel ini adalah digunakan pada antena televisi, terdapat satu inti kabel dan terdapat lapisan seperti aluminium foil yang bertujuan untuk menghilangkan pengaruh dari luar kabel seperti Electromagnetik Interference (EMI) dan Radio Frequency Interference (RFI). Jenis kabel ini terdiri atas 2, yaitu:

  • Thin Ethernet atau Thinnet, kabel ini jarak maksimumnya 200 m.
  • Thick Ethernet atau Thicknet, kabel ini jarak maksimumny 500 m.

jenis media transmisi komputer


2. Twisted Pair Cable, karakteristik: kabel ini berpilin secara berpasangan dan merupakan generasi setelah kabel coaxcial. Sekarang, kabel ini sering digunakan pada saat membangun jaringan. Untuk menghubungkan kabel ini digunakan konektor yang disebut dengan Registered Jack (RJ).
Ada 2 jenis untuk kabel ini, yaitu:

  • STP (Shielded Twisted Pair) Cable
  • UTP (Unshielded Twisted Pair) Cable

jenis media transmisi komputer

b. Optical Media. Pada optical media proses penyaluran data dilakukan dengan melewatkan cahaya (gelap/terang) pada kabel yang berupa serat kaca (Fiber Optic). Pada saat ini terdapat 2 jenis Fiber Optic yang umum digunakan, yaitu:
1. Single-mode Fiber Optic
2. Multi-mode Fiber Optic.

2. Media transmisi tanpa menggunakan kabel (wireless)
Pada media transmisi ini, gelombang radio merupakan alat perantara untuk menghantar data pada jaringan. Pada saat ini trennya disebut wi-fi (wireless fidelity).
Ada beberapa standar yang diatur oleh IEEE untuk jenis media yaitu:
-> 802.11a: frekuensi sebesar 5 GHz, bandwith sebesar 54 Mbps.
-> 802.11b: frekuensi sebesar 2,4 GHz, bandwith sebesar 11 Mbps.
-> 802.11g: frekuensi sebesar 2,4 GHz, bandwith sebesar 54 Mbps.

Pada media ini wireless terdapat kekurangan, yaitu sangat mudah dipengaruhi oleh Radio Frequency Interface (RFI) yang mengganggu pengiriman data.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang media transmisi, semoga bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah pengetahuan Anda dibidang komputer.

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan komentar Anda dan silahkan berkunjung kembali.





Tag : Jaringan
0 Komentar untuk "Jenis Media Transmisi Jaringan Komputer"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top