www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

C++ Part 1 – Mengenal Pemrograman C dan C++ dan Strukturnya





Bahasa Pemrograman C dan C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer, C awalnya dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer sedangkan bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C++

Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang pengenalan bahasa pemrograman C++ dan menjelaskan cara membuat operasi input dan output pada C++

Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun awalnya C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun sekarang bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan beberapa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahsa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan ekstensi dari C.

Bahasa C++ yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada 1983, sangat kompatibel dengan berbagai jenis mesin dan platform (seperti DOS, UNIX, VMX, Windows dan sebagainya) karena pembuatan bahasa pemrograman ini mengacu pada standar ANSI (American National Standards Institute).
Bahasa C++ juga dapat mendukung pemrograman berorientasi Objek

Struktur Program C/C++
Bentuk struktur penulisan C/C++ secara sederhana adalah sebagai berikut.
belajar pemrograman c++


Keterangan:

1.Bagian ini disebut header.
Header ini digunakan untuk memanggil nama file bawaan bahasa pemrograman C/C++ atau file yang kita ciptakan sendiri agar fungsi yang termuat di dalam file tersebut dapat digunakan pada saat membuat program. Untuk memanggil file header tersebut harus diwalai dengan #include kemudaih file header bawaan ditulis di dalam tanda “<>” (Seperti <iostream.h>, <conio.h>, <stdio.h>).
Jika merupakan file ciptaan sendiri ditulis dengan menggunakan tanda “” (petik ganda) seperti “fungsi1.h”, “fungsitambahan.h” dan sebagainya.
Contoh penulisan lengkapnya adalah sebagai berikut ini:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include “headerbaru.h”

Masing – masing header memiliki sisi fungsinya masing – masing. Seperti:
a. Iostream.h digunakan untuk melakukan fungsi input output pada program C++ dimana pada contoh program diatas kita memakai fungsi cout dan cin
b. Stdio.h digunakna untuk melakukan operasi input output pada program C seperti menggunakan operasi printf, scanf, gets(), puts() dan sebagainya.
c. Conio.h digunakan untuk memanggil fungis yang dapt membaca masukan dari keyboard seperti getch() (fungsi ini telah digunakan pada program diatas), getche() dan sebagainya.
d. Headerbaru.h merupakan header buatan sendiri yang berisi fungsi ataupun pendeklarasian konstanta.

2. Bagian ini merupakan pendeklarasian konstanta.
Jadi apabila ingin mendefenisikan sebuah konstantan harus dimulai dengna #define kemudian diikuti nama konstanta (seperti:jumlah) dan diakhiri dengan isi nilai untuk konstanta tersebut (misalnya: 10).
Jadi pada contoh diatas ditdigunakna ulis: #define jumlah 10
Contoh lain:
#define kata AKU
#define kalimat selamat_jalan
#define pecahan 12

3. Bagian ini merupakan pendeklarasian variable global
Variabel Global maksudnya variable yang dideklarasikan pada bagian ini dapat digunakan oleh seluruh fungsi baik fungsi utama (main program) maupun fungsi – fungsi tambahan yang dibuat pada program tersebut seperti fungsi bagian nomor 4. Jika hanya ingin menggunakan variable yang hanya digunakan pada suatu fungsi atau program utama (variabel local) maka variabel dideklarasikan di dalam fungsi atau program utama.

4. Bagian ini merupakan suatu fungsi
Fungsi merupakan suatu bagian dari program atau subprogram yang digunakan untuk mempermudah dalam penulisan sintaks program atau pengelompokan instruksi program yang sangat panjang. Selain itu pembuatan suatu fungsi digunakan apabila ada beberapa instruksi program yang sama ingin digunakan berkali – berkali.

5. Bagian ini merupakan fungsi utama (main program)
Fungsi utama ini memiliki peran sebagai awal dan akhir dari sebuah program C++. Jadi sebuah program C/C++ minimal harus memuat fungis utama ini. Program utama dideklarasikan dengna main() diikuti dengan kurung kurawal sebagai pembuka dan penutup program.



Tipe Data
Ada beberapa tipe data  yang dikenal dalam pemrograman C dan C++ ini, yaitu seperti berikut ini:
- char : untuk jenis karakter atau string
- int(short, long) : untuk jenis bilangan bulat
- float : untuk jenis bilangan pecahan dengan kapasitas yang lebih besar
- double : untuk jenis bilangan pecahan dengan kapasitas lebih besar
- bool : untuk memberikan kondisi pada statement true or false

Penulisan Identifier
Identifier adalah suatu nama yang digunakan sebagai pengenal dari suatu variabel, fungsi, konstanta, struct, objek dan sebagainya. Penulisan identifier yang sah harus mengikuti aturan berikut:
a. Gabungan dari huruf – huruf. Contoh: nama, saya, aku, satu dan sebagainya
b. Gabungan dari huruf dan angka dimana harus diawali dengan huruf terlebih dahulu.
Contoh: N01, N4ma, Say4 dan sebagainya
c. Dimulai dengan tanda underscore. Contoh: _aku, _kamu, _dia
d. Apabila lebih dari satu kata digunakan tanda underscore. Contoh: saya_makan, aku_cinta_dia, fungsi_satu, konstanta_1 dan sebagainya
e. Tidak menggunakan spasi, symbol – symbol khusus. (!,@,#,$,%,^,&,*, dan sebagainya )
f. Panjang karakter yang akan terbaca adalah 32 karakter

Penjelasan;
Penulisan sintaks program C++ merupakan case sensitive, artinya penulisan huruf kecil dan huruf besar sangat berpengaruh terhadap sintaks program karena apablia ada kata yang sama tetapi berbeda cara penulisannya dianggap berbeda.
Contoh: Saya dengan saya, kamu dengan kAmu, hallo dengan HALLO dan sebagainya.
Hal ini sangat berpengaruh terhadap nama variabel, fungsi, konstanta dan sebagainya.

Komentar
Komentar pada program berguna untuk menjelaskan atau memberi informasi tentang satu atau lebih instruksi/pernyataan dalam program. Komentar ini tidak akan dieksekusi pada program sehingga tidak memberi pengaruh terhadap hasil atau output program nantinya. Tanda untuk  penulisan komentar dimulai tanda “//” jika ingin menulis satu bari komentar atau diawali “/*” dan diakhiri dengan “*/” untuk menulis lebih dari satu baris komentar.

Demikianlah ulasan pada artikel kali ini, jadi penjelasan di atas kita sudah mengerti dan memahami pemrograman C/C++ dan bagaimana strukturnya dari penjelasan – penjelasan potongan syntak di atas. Semoga membantu anda yang ingin memulai untuk belajar bahasa pemrograman C++.







Tag : C++, Programming
5 Komentar untuk "C++ Part 1 – Mengenal Pemrograman C dan C++ dan Strukturnya"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Thank you, sangat detail dan complete

Ok sama2 mas. Ikuti juga tutorial pemrograman lainnya.

bng saya izin minta gambar nya untuk bahan saya belajar,and say baru beljar bahasa pemrogaman c trimaksh semangat terus untuk berbagi ilmu

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top