www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Pandangan Aneh Orang Awam terhadap Anak IT





bidang pekerjaan lulusan it


Memang benar, anak IT itu bisa dikatakan dapat bekerja walaupun masih kuliah mudah mendapat pekerjaan, banyak bidang pekerjaan yang bisa digeluti. Mahasiswa IT bisa langsung dapat mengaplikasikan/menerapkan apa yang dipelajarinya di kuliah dalam bentuk nyata, yaitu pekerjaan.

Contoh:

  1. Di jurusan kami, belajar pemrograman internet itu pada semester 2. Maka setelah belajar mata kuliah tersebut kami sudah bisa membuat website, dan hanya belajar otodidak sedikit demi sedikit kami sudah bisa untuk menjadi pembuat (developer) website professional.
  2. Di semester 4, belajar pemrograman flash, maka kami sudah bisa membuat aplikasi, game, atau media pembelajaran berbasis flash.

Dari contoh di atas, anak IT sudah bisa mengerjakan orderan yang ditawarkan oleh orang – orang seperti pembuatan website, aplikasi android, membuat jaringan komputer, membuat media pembelajaran.
Tapi, tahukah teman – teman bahwa ada beberapa kejadian – kejadian yang saya jumpai terhadap orang – orang awam yang kurang mengerti tentang bidang IT, yang menurut saya aneh dan lucu. Kadang membuat saya geram, hehe….

1.  Anak IT tahu segalanya tentang komputer.
Orang – orang awam beranggapan bahwa anak – anak IT bisa melakukan segalanya tentang komputer. Maka tentu saja mereka berpikir bahwa setiap masalah yang terjadi pada komputer bisa diperbaiki oleh mahasiswa – mahasiswa IT.

Ingat ya pak…buk. Meskipun kami bidang Teknologi Informasi ataupun Ilmu Komputer. Tidak tentu kami harus mempelajari semua tentang teknologi dan komputer. Meskipun itu hanya dua kata “teknologi” dan “komputer”. Itu sangat meluas ilmunya jika untuk dipelajari.
Seperti contoh ada bidang di programmer, jaringan, sistem, website, database, aplikasi, rekayasa dll.

2. Anak IT harus tahu service / memperbaiki kerusakan pada komputer.
Inilah hal yang menurut saya benar – benar salah. Mengapa? Iya, kami dibidang komputer. Tapi seperti poin nomor 1, bidang komputer itu sangat luas. Tentu kami mempunyai skill – skill yang menjurus. Memperbaiki kerusakan pada komputer, masalah hardware kadang sangat jauh dari bidang kami. Bahkan tidak ada kami pelajari dalam perkuliahan. Pengalaman sudah sampai semester 5 saat ini, bahkan merakit CPU pun kami tidak pernah bisa dan tahu.

3. Anak IT sering dibanding – bandingkan dengan pekerja percetakan dan tukang edit foto.
Hehe… ini yang paling lucu juga, bahwa orang – orang awam sering membanding – bandingkan anak IT dengan pekerja percetakan dan tukang edit foto.
Saya juga bingung, tapi mereka berpikir bahwa yang sering – sering di depan komputer, dan bekerja di depan komputer ilmunya sama, dan paling – paling lulusan IT juga bekerja di bidang itu juga.

Perlu anda ketahui, bahwa kalau di percetakan dan photo studio itu siapa pun bisa hehe.

4. Tawaran yang tidak lumrah terhadap sebuah orderan.
Nah ini beda lagi. Saya memang sudah bisa membuat website dan sudah bisa membuat media pembelajaran.

Perhatikan 2 kasus berikut ini:

a. Pernah saya ditawari oleh mahasiswa semester 6 dari universitas x di kota medan untu membuatkan sebuah media pembelajaran tentang materi fisika untuk dipresentasikan kepada dosen. Jadi saya tanyakan abang stambuk saya yang sudah sering mendapat orderan membuat media pembelajaran berbasis flash tentang harganya. Dia menjawab, kalo begini saya jual biasa dek paling murah 800 ribu, tapi berhubung kamu juga masih belajar bilang aja 500 ribu. Ok bang, jawab aku.

Berhubung yang memberikan tawaran ini adalah kakak kelas ketika SMA, jadi saya tawari 300 ribu, ini percobaan dan baru – baru pasti dia terima pikir saya. Tapi ketika saya beritahu, mahal kali dek. Gak bisa 20 ribu dek?
WKWKWK…alamak ini nawar buat projek atau mau makan mie aceh, pikir saya. Jadi langsung saya batalkan. Udah begitu teman – teman, dia menyuruh saya untuk untuk mencari materinya dari internet.

b. Kemudian saya ada tawaran projek untuk membuat website. Tahulah ya sebagian orang bahwa membuat website kisarannya paling murah itu 500. Tapi saya juga masih pertimbangan sama dia, saya tawari 300 ribu karena menggunakan cms Wordpress.
Tahu tidak teman – teman, dia balik nawar apakah bisa 50 ribu.

Jadi, dari 2 contoh diatas kita tahu bahwa pekerjaan dari anak IT itu dianggap orang awam sangat mudah dilakukan. Padahal anak IT tahu susahnya belajar programming. Anda orang – orang awam harus tahu, membuat aplikasi itu seperti android, media pembelajaran maupun website itu tidak semudah mengetik di Microsoft word. Banyak yang harus dilakukan, dipikirkan dan banyak waktu yang dibutuhkan.

Itulah beberapa hal – hal anak pandangan menurut orang awam kepada anak – anak IT. Kepada kita yang anak – anak IT, bersabar – sabarlah. Memang cobaan hidup ini memang seperti itu. Apaan?
Ya, bagikan kepada teman – teman anda biar mereka tahu, dan tidak mudah mudahnya menawar anda.






Tag : Komputer
16 Komentar untuk "Pandangan Aneh Orang Awam terhadap Anak IT"

Apakah bisa seperti saya yang awam dengan dunia computer...apa bisa juga belajar secara otodikdak trims

Aku mau belajar, dan mencari pengetahuan tentang Blog serta pngalaman . terima kasih.

Sebenarnya semua bisa dipelajari secara otodidak, tetapi untuk cepat lambatnya mengetahui tergantung kepada masing - masing orang

Baik dimulai dari sekarang, belajar itu tidak boleh di tunda - tunda lho.

OK sip. Tulisan mu sudah lebih natural lae...lanjutkan terus.
Ini buat artikel apa curhat???? Hehehehe....

Kalau mau cari kerja online.....nanti saya kasih tekniknya.
Untuk SEO sederhana saja kita bisa dapat 1.5juta. Ingattt...kalau tau teknik Dan caranya.

Kalau mau tau kunjungi marketingjoss,com yaahhh

ok lae, makasih. Dikunjungi terus kok. Pengalaman juga ini lae....

makanya ku bilang....lagi curhat kau yaahh....hehehe

makasih gan.... ikuti terus ya blog kita..

Nice post om, memang sering kejadian seperti itu

bener banget gan, suka sedih jengkel kalo di gituin

nah , ini kejadian terjadi ke saya nih mentang2 sama anak it disuruh service laptop tmn mulu padahal saya kurang ngerti kalo masalah service2an

itulah yang terjadi mas. tak bisa juga dipungkiri.

Iya. sabar2 ajalha kita anak2 TI ini

Iyalah om, semoga kedepannya orang2 lebih tahu bidang2 IT

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top