www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Fungsi XAMPP dan Cara Menginstalnya






XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySql.

Berikut ini akan dijelaskan apa itu XAMPP, fungsinya dan cara menginstal dan menggunakan XAMPP.

Langsung saja di simak ulasan berikut ini:

Software aplikasi ini di buat dan dikembangkan oleh Apache Friends.
Sampai saat artikel ini dibuat, XAMPP telah merilis versinya sampai dengan 1.8.3.0

XAMPP memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache dalam melakukan simulasi pengembangan web. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySql dan Perl.

Melalui XAMPP ini para web developer dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikan secara langsung kepada orang lain tentang web yang dibangun pada komputer tanpa memerlukan koneksi internet, istilahnya membuka web secara offlline.

XAMPP juga berperan sebagai localhost, yaitu server yang dapat digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga.
Software XAMPP ini banyak digunakan oleh kalangan pemrograman web, di mana para pembuat web ini dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.

XAMPP ini merupakan software Gratis  yang bisa dijalankan pada Windows 2000/XP/Vista/7/8/10.

Penjelasan dari bagian – bagian XAMPP:

XAMPP bisa dijalankan di 4 platform OS, yaitu Windows, Linux, Mac OS dan Solaris
Pada XAMPP terdapat Apache yang merupakan aplikasi web server yang bersifat opensource.
Opensource artinya dapat diperoleh secara gratis dan dikembangkan oleh setiap orang.

XAMPP merupakan kepanjangan X(sistem operasi), Apache, MySQL, PHP, Perl.

Apache berperan dalam menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.
Apache adalah web server yang akan menampilkan website di internet dengan menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Safari dan lain – lain. Apache akan menampilkan website berdasarkan kode – koed yang ditulis di dalam bentuk  PHP atau pun HTML serta memanfaatkan MySQL sebagai server dari suatu database.
Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat dikembangkan oleh siapa saja.

MySQL merupakan aplikasi database server. Pengembangannya menggunakan bahasa SQL (Structure Query Language) yang merupakan bahasa terstruktur yang digunakan dalam pengolahan database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database seperti menambah, mengubah, menghapus data di dalam database.
MySql merupakan DBMS(Database Management System) atau sistem manajemen database yang bersifat At Relational yang artinya data – data yang dikelola dalam database diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga dapat dimanipulasi secara lebih cepat.

PHP adalah bahasa pemrograman web yang memungkinkan menciptakan web yang dinamis.
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting.
Baca: Pengenalan PHP dan Cara Menjalankannya

Berbeda dengan HTML yang sourcode-nya langsung ditampilkan di website yang dibangun, di dalam PHP sourcode tidak bisa ditampilkan di halaman muka suatu website karena PHP diolah dan diproses di server.

Sistem Manajemen Database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL, namun PHP juga mendukung Microsoft Access, Oracle, d-base, PostgresSQL, dan sebagainya.

Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan – persoalan umum. Perl pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix.
Perl sangat populer digunakan dalam program CGI (Common Gateway Interface) dan protocol internet lainnya.

Fungsi dari XAMPP
XAMPP berfungsi sebagai server local yang dapat berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari program Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan PHP dan Perl.
Software aplikasi ini tersedia dalam GNU (General Public Lisence) dan bebas. Jadi pada aplikasi ini kita dapat membangun website dinamis dengan PHP secara offline karena XAMPP memiliki Apache sebagai server HTTP local.
Kita juga dapat membuat database dengan adanya MySQL sebagai DBMS menggunakan phpMyAdmin. PhpMyAdmin merupakan perangkat lunak yang ditulis dengan menggunakan PHP untuk menangani administrasi dari MySQL melalui WWW (World Wide Web).

Dengan phpMyAdmin kita dapat mengelola basis data pada MySQL seperti mengelola tabel, bidang (fields), relations, indeks, pengguna, perijinan (permission), dan lain lain.

Sebelum phpMyAdmin ada, orang – orang yang ingin membuat database harus mengetikkan baris – baris perintah (command line) pada CMD (Command Prompt) untuk dapat melakukan maksud tertentu.
Hal ini sangat menyulitkan pengguna karena harus hapal perintah – perintah secara satu per satu.
Tetapi dengan adanya phpMyAdmin ini pengguna yang ingin membuat database dapat melakukannya dengan sangat mudah karena telah didukung dengan interface yang mudah dimengerti.
Jadi jika kita berkeinginan untuk menjadi web developer sangat beruntung menggunakan aplikasi ini, karena kita dapat membuat website tanpa perlu koneksi internet.

Cara instalasi XAMPP

Berikut ini akan dijelaskan cara install XAMPP:

1. Download installer software XAMPP di https://www.apachefriends.org/download.html
2. Setelah installer selesai di download, jalankan dengan melakukan double klik.
3. Klik Next
4. Pilih Komponen yang akan dinstal atau biarkan default untuk menginstal keseluruhan. Disarankan untuk menginstal keseluruhan.
5. Tentukan lokasi instalasi, lalu klik Next. Biasanya di C:\xampp
6. Hilangkan centang pada “learn more about Bitnami for XAMPP” jika tidak ingin mengakses info lanjut dari Bitnami for Xampp. Lalu klik Next
7. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
8. Setelah selesai, klik Finish.

Untuk menjalankan XAMPP

Untuk menjalankan software aplikasi XAMPP:

1. Buka Control Panel XAMPP, kemudian klik Apache dan MySQL untuk mengaktifkan web server dan DBMS agar dapat membuat website dengan PHP dan membuat database.
fungsi xampp dan cara menggunakannya


2. Pada browser, tepat di addres bar ketikkan “localhost”, maka XAMPP siap digunakan.
3. Klik phpMyAdmin untuk memulai membuat database.
fungsi xampp dan cara menggunakannya


Demikianlah artikel kali ini yang menjelaskan secara lengkap tentang software aplikasi XAMPP, fungsinya serta cara menginstal dan menggunakannya.
Jadi untuk membangun website yang dinamis dan menggunakan database, XAMPP adalah jawabannya.
Ayo gunakan dari sekarang.





0 Komentar untuk "Fungsi XAMPP dan Cara Menginstalnya"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top