www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Sejarah Baru Google di Bawah Alphabet





Pada Senin(10/8) telah kita tahu bahwa Alphabet menjadi berita Google Trend.

"Apa? Masak Alphabet jadi berita trend di Google? Alphabet itu apa sih?"

Ini mungkin pertanyaan yang banyak anda ajukan kepada saya jika anda belum tahu berita hangat ini.
Ya iya dong, masak ga tahu sih. Memang secara mengejutkan Bos Google yaitu Mr. Larry Page mengumumkan bahwa beliau bersama rekannya Sergey Brin pindah ke perusahaan Alphabet. Dia dan rekannya yang menjadi duo pendiri Google ini mengumumkan kepindahannya melalui surat kepada pemegang saham Google.

Mengapa ini memang sangat mengejutkan public, karena Alphabet merupakan perusahaan baru yang selama ini belum pernah diinformasikan oleh Google. Akan tetapi Alphabet akan menjadi induk dari dari berbagai macam perusahaan termasuk Google.

Jadi Google yang dikenal publik sebagai Search Engine terpopuler di dunia ini akan menjadi divisi dan di bawah naungan Alphabet.
Untuk kedepannya Larry Page mantan dari CEO Google ini akan tetap menjadi CEO di Alphabet dan rekannya Sergey Brin menjadi Presiden.

Banyak berita di media menyebutkan bahwa Google bubar. Menurut saya tidak, ini hanya berita yang mengheboh – hebohkan saja agar pengunjung langsung terkejut membacanya. Haha….
Tetapi yang sebenarnya tujuan dari Larry Page adalah mereka akan menggarap terobasan baru dan fokus dalam bidang tersebut, seperti lensa kontak pemantau glukosa, balon internet dan riset anti-penuaan,  penyedia layanan internet Fiber, rumah pintar Nest sedangkan Google yang sudah berada di bawah Alphabet akan diberikan kepada Sundar Pichai (mungkin orang dekatnya Larry Page juga)  yang sebelumnya menjadi penanggungjawab terhadap produk seta pengembangan bisni di internet Google

Dengan tujuan ini maka Google akan lebih fokus pada pada bisnis “tradisional ” mereka seperti iklan, mesin pencari, peta, Android, Youtube, Chrome dan lainnya. Google Venture, Google Capital dan Google X dan mobil google tanpa awak akan dinaungi oleh Alphabet.
Kemudian saham yang dimiliki oleh Google akan dikonversi menjadi saham Alphabet di akhir 2015 nanti.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini telah dibuat digram gambar yang menjelaskan struktur organisasi dari Alphabet dan hubungannya dengan Google yang dapat membantu anda untuk melihat hubungan dari kedua perusahaan induk ini.
google berubah menjadi alphabet


Di dalam diagram diatas anda dapat melihat beberapa divisi – divisi lainnya yang dikelola oleh Alphabet seperti Nest, Google Capital, Fiber, Calico, Sidewalk Labs, Google X, Google Ventures serta Google itu sendiri serta telah dibuat para CEO yang akan memimpin perusahaan tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan apa bidang – bidang yang dikerjakan oleh setiap divisi tersebut.

Nest: perusahaan pembuat perangkat rumah pintar yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2014

Calico: perusahaan yang berfokus pada pemanjangan hidup manusia

Sidewalk Labs: perusahaan yang tujuannya mengembangkan kota modern

Google X: perusahaan yang berfokus pada produk – produk bersifat eksperimental seperti mobil otonom (mobil tanpa supir) dan lain – lain

Fiber: perusahaan pembangun koneksi internet yang berkecepatan tinggi

Google Capital: perusahaan investasi

Serta Google sendiri yang kita tahu selama ini sebagai penyedia mesin pencari (Search Engine). Setelah sejumlah divisi terlepas dari pengawasannya, kini Google mengurusi sejumlah produk seperti Android, Maps, YouTube, Aps,  Ads dan Technical Infrastruktur.
Jadi tidak ada yang namanya bahwa Google telah bubar, hanya bidangnya lebih dipersempit dan Google menjadi divisi dari perusahaan lain.

Semoga dengan hal ini, Alphabet dan Google sama – sama lebih sukses dari sebelumnya dan tetap menjadi yang terbaik di dunia, dan itulah tujuan mereka.






Tag : Info
2 Komentar untuk "Sejarah Baru Google di Bawah Alphabet"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top