www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

2 Cara Backup Data Wordpress dan Kegunaannya





cara backup data wordpress

Backup data blog dengan platform Wordpress sangat perlu dilakukan untuk beberapa kebutuhan yang mungkin anda jumpai ketika anda memang mengelola blog atau website.

Backup data dari file manager adalah proses pengambilan data dari internet ke komputer untuk tujuan membuat file cadangan atau melakukan perpindahan data ke file manager lainnya.

Beberapa kegunaan melakukan backup data dari Wordpress adalah:

1. Untuk mempercepat wordpress
Backup data wordpress perlu dilakukan untuk mempercepat loading wordpress, karena dengan backup data terjadi pembaharuan data di file manager seperti halnya file tersebut di refresh kembali dengan membuang data – data yang hancur dan error.

2. Untuk pindah hosting
Ada kalanya anda melakukan pindah hosting dari web hosting yang satu ke web hosting yang lain, atau melakukan hosting dari gratis ke hosting berbayar. Jadi untuk melakukan hosting yang baru maka anda perlu melakukan backup data ke komputer terlebih dahulu.

3.Untuk update versi wordpress
Wordpress melakukan update versi biasanya 3 bulan sekali, tentunya update versi ini bertujuan untuk meningkatkan performanya.

Baca: 12 Fakta Kehebatan Worpress yang Harus Kamu Tahu

Tapi anda yang perlu tahu jika anda melakukan update otomatis, maka sering tidak berjalan dengan lancer dan yang malah terjadi adalah wordpress jadi error. Masalah ini mungkin sangat sulit diatasi, sehingga biasa membuat anda kehilangan wordpress anda.

Untuk mencegah hal ini, anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu, sehingga jika terjadi masalah saat update, maka file cadangan sudah tersedia sehingga file cadangan tadi bias di update kembali.

Cara Melakukan Backup Data Wordpress
Backup data dapat dilakukan dengan cara back up dari admin wordpress sendiri atau juga melalui cpanel hosting.
Back up data juga dapat dalam bentuk archive zip, atau juga tipe file .xml.

1. Backup data melalui CPanel
- Login ke cpanel tempat di mana anda melakukan hosting wordpressnya.
- Setelah login, lihat file manajer 1 kemudian klik.
- Maka tab baru akan dibuka dan menampilkan file manager
cara backup data wordpress

- Maka file – file wordpress tersebut akan di simpan pada public_html
- Ketahui bahwa yang perlu anda back up itu adalah folder wp_content, karena di dalam folder inilah semua data theme, post dan page, serta komentar – komentar.
- Ingat bahwa, folder tersebut tidak bisa didownload langsung harus di zip terlebih dahulu, maka klik zip (bisa juga klik kanan pilih archive)
- Tunggu sampai proses arsip selesai
- Setelah proses arsip selesai
- Kemudian download

Baca juga:
Cara Mudah Edit Tampilan Theme Wordpress
5 Plugin yang Paling Penting untuk Tampilan Wordpress

Sekarang kita akan melakukan download databasenya:
- Kembali ke cpanel yang tadi lalu pada menu file, pilih backup (sejajar dengan bagian file manajer 1)
cara backup data wordpress

- Kemudian di halaman tersebut ada dua macam file bertipe .tar.gz yang merupakan isi dari file aplikasi web kita dan .sql.gz yang merupakan database dari mysql kita. Silahkan download kedua - duanya.

2. BackUp melalui dasbor wp-admin
- Login ke dasbor wp-admin
- Pada sub menu Tools, pilih Export
- Kemudian Pilih All Content, kemudian klik download
- Maka file wordpress akan di download dalam bentuk XML Document

Itulah 2 cara melakukan backup data wordpress beserta databasenya, jika anda memang ingin memindahkannya ke hosting baru anda hanya perlu mengupload xml document -nya dari dasbor wp-admin atau wp-content dan databasenya dari cpanel hosting anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam melakukan backup data atau file wordpress.





2 Komentar untuk "2 Cara Backup Data Wordpress dan Kegunaannya"

Backup data memang penting banget. Apalagi untuk wordpress self host. Ribet memang karena tiap bentar minta di perbaharui --'

Makasih mas telah membaca artikel ini, jangan lupa kunjungi terus blog ini ya.

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top