www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

4 Manfaat Membuat Domain TLD pada Website atau Blog

manfaat membuat domain tdl pada website atau blog


Tahu tidak teman – teman TLD itu apa sih? TLD singkatan dari Top Level Domain adalah ekstensi atau kata yang berada di belakang domain, seperti .com, .net, .org, .edu, .gov, .info dan sebagainya.
TLD ini mempunyai arti khusus seperti:

.com (dot commercial) adalah untuk bidang komersial
.net (dot network) adalah untuk bidang internet
.org  (dot organization) untuk bidang organisasi
.edu (dot education) untuk bidang pendidikan
.gov (dot geverment) untuk bidang pemerintahan
.info (dot information) untuk bidang informasi

Ada 2 bentuk Top Level Domain (TLD) yaitu Generic TLD (gTLD) dan Country Code TLD (ccTLD). Contoh gTLD adalah seperti ekstensi diatas misalnya tifkom.com, sedangkan ccTLD adalah domain yang menyertakan kode negera untuk mengetahui lebih spesifik situs tersebut, misalnya .or.id, web.id. ac.id dan sebagainya.
Itulah yang disebut TLD, misalkan tifkom.com dapat kita contohkan tifkom sebagai nama domain dari sebuah situs web atau blog sedangkan .com adalah TLD-nya.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengapa membuat situs website atau blog dengan TLD merupakan hal yang penting dilakukan.
Berikut adalah alasannya:

1. Terkesan bebih professional
Website atau situs yang menggunakan domain TLD akan dipandang pengunjung lebih professional dan dianggap dimiliki oleh suatu perusahaan yang besar. Para pengunjung atau orang – orang yang mengetahui situs ini akan lebih percaya dan menganggap bahwa informasi yang diberikan lebih terpercaya dan bermanfaat.

2. Mudah diingat
Domain dengan TLD otomatis lebih mudah diingat orang, karena pemberian nama domain yang unik dan singkat orang akan mudah untuk melakukan kunjungan terhadap website atau blog. Jadi kalo kita memberikan informasi atau artikel yang lumayan bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang lain, akan tidak pupuler jika kita menggunakan domain yang panjang dan memiliki subdomain tertentu. Misalnya blog-saya.blogspot.com atau belajar-pemrograman-website-wordpess.com.
Meskipun informasi dalam suatu situs sangat bermanfaat tetapi orang akan lupa untuk mengakses karena nama domain yang terlalu panjang.

3. Mudah untuk dipromosikan
Promosi situs dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan media sosial, jadi jika kita bisa membuat situs dengna TLD maka akan lebih mudah untuk dipromosikan kepada orang lain.

4. Lebih mudah di indeks Google
Orang – orang pasti menggunakan domain dengan nama yang singkat jika menggunakan TLD karena itulah tujuan utamanya. Jadi google pun seperti itu, bahkan banyak orang bilang bahwa google sekarang ini juga seperti manusia. Google juga akan lebih mudah untuk mengingat TLD yang singkat.

Bagaimana cara membuat nama domain TLD yang baik?
1. Memiliki arti
TLD akan lebih mudah diingat jika memilki arti khusus, contoh bola.com maka orang langsung berpikir bahwa website tersebut berhubungan dengan bola.
Tapi tidak masalah jika anda memilih nama domain yang unik bagi diri sendiri anda. Contoh tifkom.com. Sekilas orang akan tidak tahu apa artinya dan apa maksudnya, tetapi dari namanya ada arti tertentu, seperti Tips dan Info Komputer

2. Pilih Domain yang paling singkat.
Ini seharusnya anda mengerti bahwa domain yang singkat akan lebih mudah dingat, misalnya bola.com hanya memiliki 1 kata akan lebih mudah diingat dibanding 2 kata atau lebih.
Hindari menggunakan garsi penghubung karena itu juga menyulitkan pengunjung untuk mengingatnya.

3.Belilah Domain dari web penyedia hosting yang murah.
Ini juga perlu dilakukan yaitu anda bisa membeli domain yang murah, karena ada beberapa web penyedia hosting yang lagi promo, bahkan ada yang hanya menuntut kita untuk membayar biaya hosting saja, sedangkan domain gratis untuk selamanya

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan semoga bermanfaat dan anda mengerti untuk apa domain TLD itu dan bagaimana cara memilih domain yang baik. Terimakasih telah membaca

Tag : SEO, website
4 Komentar untuk "4 Manfaat Membuat Domain TLD pada Website atau Blog"

1 lagi om, gampang nangkring lama di serp

buat investasi domain juga bisa, nanti bisa dijual dengan harga mahal tergantung si peminat.

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top