www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Pentingnya Google Keyword Planner dalam Menentukan Topik Artikel





menentukan keyword dengan google keyword planner

Dulu saya tidak terlalu memperhatikan bahwa Google Keyword Planner itu adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Ketika saya menulis artikel blog, saya akan menulis apa yang ada dibenak saya dan menentukan judul seenaknya saja. Meskipun artikel yang saya buat adalah berhubungan dengan topik dari blog saya, tetapi yang saya dapat justru adalah respon yang negatif dari pengunjung.

Artikel yang saya buat mendapat minim views.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ketika anda hanya fokus menulis, dan mengeluarkan apa yang ada di pikiran anda, tanpa memperhatikan kebutuhan dari banyak orang, itu merupakan kesalahan besar yang kita lakukan.
Karena kita hanya melakukan pekerjaan yang sia – sia, karena kita tidak menargetkan artikel yang diiginkan para pengunjung.

Jadi untuk membuat artikel yang harapannya mendapat banyak views dan merupakan penting bagi semua orang, sebuah keharusan menurut saya agar mengetahui cara menggunakan Google Keyword
Planner.

Kita perlu melakukan riset dari topik yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita perlu mengetahui hal apa yang populer untuk diketahui masyarakat, dan kita harus bisa menentukan keyword (kata kunci) untuk artikel kita agar bisa menjadi artikel yang viral dan dicari – cari orang.

Dengan Google Keyword Planner ini, kita bisa melakukan hal – hal diatas, kita dapat menentukan keyword yang ingin kita kembangkan menjadi judul artikel kita.
Dari Google Keyword Planner, kita dapat melihat topik yang paling populer dengan total view-yang ditampilkannya.

Bagaimana untuk membuat riset keyword dari Google Keyword Planner?

Mari kita simak langkah – langkah berikut ini:

1. Buat akun Google Adwords
Untuk memulai riset keyword dengan Google Keyword Planner, anda perlu mendaftar dulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan email Google (Gmail) anda.
Setelah anda mendaftar anda secara otomatis akan di arahkan ke menu Campaign

2. Cara menggunakan Google Keyword Planner.

  • Di barisan menu Campaign tadi ada menu Tools, arahkan pointer anda ke menu Tools maka akan muncul sub menu. Klik sub menu Keyword Planner
  • Kemudian pilih dan klik “Search for new keyword using a phrase, website or category”.
  • Maka akan ditampilkan beberapa kolom isian dan juga pilihan.
  • Isilah sesuai dengan ketentuan berikut ini.
    • Pada kolom product or service: isi dengan kata kunci yang ingin anda buat, misalnya ”cara meningkatkan trafik pengunjung blog” 
    • Pada kolom targeting: pilih Indonesia, Indonesia, Google dan Negative Keywords secara berurutan

menentukan keyword dengan google keyword planner
  • Kemudian klik Get Ideas.

Maka akan ditampilkan halaman result dimana, kita dapat melihat trend keyword yang kita cari, juga beberapa data penting seperti trend keywords selama 12 terakhir, tingkat kompetisi pengiklan dan perkiraan CPC untuk setiap keyword.

Perhatikan gambar berikut ini:
menentukan keyword dengan google keyword planner


Keterangan gambar:
1. Penentuan kata kunci /keyword yang akan ditarget yang ditentukan dengan lokasi, bahasa dan target search engine
2. Diagram rata – rata jumlah pencarian kata kunci dalam 12 bulan terakhir
3. Klik icon tersebut untuk melihat grafik pencarian tiap bulannya
4. Tingkat penelusuran bulanan, gunakan keyword yang pencariannya tinggi
5. Tingkat persaingan dari alternative kata kunci yang muncul di analisa, gunakanlah kata kunci dengan tingkat persaingan LOW untuk memudahkan judul artikel di 10 besar peringkat mesin pencari
6. Perkiraan CPC-nya, pilihlah yang paling tinggi.

Begitulah melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner untuk menentukan judul dari sebuah artikel, agar artikel ini banyak pengunjung dan memang dicari oleh masyarakat.
Kunci dalam mencari keyword di Google Keyword Planner ini adalah pilih tingkat penelusuran dan CPC yang paling tinggi tetapi persaingan rendah.

Semoga artikel ini membantu teman – teman semua yang telah menjadi blogger, dan ke depannya blog anda makin ramai pengunjung. Terimakasih.






Tag : SEO
4 Komentar untuk "Pentingnya Google Keyword Planner dalam Menentukan Topik Artikel"

Iya tp kadanh saya malah jd susah nulis nya mas klo riset keyword dulu. Ga tau knp ya. Jd kebeban sama keyword yg hrs kita pake itu. Akhirnya tulisan jd kurang sesuai dgn style saya sendiri. Gt sih klo saya :)

Hehe...mungkin mas rajin nulis, jadi agak ga memerlukan riset keyword, tapi baik juga lho untuk membuat judul yang baik

Terima kasih tipsnya.
Tapi jujur saya gak pernah pake riset keyword. Mungkin karena saya gak mau rebet. Hahaha... apalagi nulisnya tegantung mood.

Tapi ini ilmu yang sangat2 diperlukan oleh seorang blogger.

Nice artikel dan salam kenal

Kalo nge-blognya memang sekedar hobbi sih ga perlu rasaku.

Ok mbak, ikuti terus blog kita ya.

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top