www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

3 Aplikasi Komentar Yang Bisa Dipasang Pada Blog





pasang komentar pada blog


Namanya blog pasti identik dengan komentar, baik itu blog dari blogger maupun blog dari wordpress.
Komentar ini juga akan salah satu teknik yang dapat mendukung optimasi SEO. Dengan banyaknya komentar pada blog anda, itu artinya blog anda ramai pengunjung. Hal ini membuat Search Engine seperti Google akan lebih sayang sama blog anda.

Selain dari kolom komentar bawaan dari blog atau wordpress sendiri, ada 3 aplikasi yang bisa anda gunakan menjadi kolom komenter pada blog anda.

Memang pada dasarnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing, intinya kembali pada anda mau pilih yang mana anda lebih suka.

Apa saja dari ke-3 aplikasi itu?

Mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Google+ Komentar
Komentar dengan Google+ memang fitur yang baru dirilis oleh Blogger.com. Blogger mempublish informasi ini dengan nama Bringing Google+ Comment to Blogger, dan sudah dibuat menjadi menu pada dasbor blogger kita.

Apa saja kelebihan dan kelemahan dari Google+ Komentar ini?

Kelebihan:
- Tidak berat
- Meminimalisir komentar spam
- Link yang dipost oleh pengunjung pada Google+ Komentar tidak dihitung sebagai inbound link karena komentar ini di load menggunakan javasrcipt, jadi tidak masalah untuk SEO blog anda jika pengunjung membuat link pada komentar
- Komentar lama tidak hilang, dan akan terus terjaga pada blogger
- Fitur reply yang lebih bagus dan ada fitur like G+

Kelemahan:
- Para pengunjung hanya bisa berkomentar jika memiliki akun google, tidak bisa menggunakan anonym atau nama+url. Ini akan berdampak terhadap kurangnya komentar pada blog anda untuk ke depannya.
- Mencari backlink name+url di blogger menjadi minim peminat.

2. Facebook Komentar
Anda pasti tahu bahwa Facebook merupakan salah satu media social yang paling besar saat ini. Pengguna yang luar biasa bisa digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan jumlah visitor dari facebook ke blognya, atau juga menyediakan kolom komentar pada blog dengan komentar facebook.

Alasan untuk menggunakan komentar Facebook ini adalah karena sebagian besar pengguna internet selalu terhubung dengan akun facebooknya, hal ini akan memudahkan pengunjung blog berkomentar dengan akun facebooknya karena password mereka sudah tersimpan pada browser.

Komentar facebook pada blogger akan membuat konektivitas antara facebook dengan blogger dan harapannya blog akan mendapat lalullintas yang besar dari facebook.
Tapi hal ini tidak terlalu bagus untuk seo blog anda, terutama jika anda menargetkan SEO yang bagus untuk Google, karena Google tidak terlalu suka dengan lalu lintas dari facebook.

Berikut ini adalah kelemahan atau kekurangan menggunakan komentar dari Facebook:
a. Link dari Facebook adalah link mati
Para blogger yang tahu blog anda menggunakan komentar Facebook akan malas berkomentar karena yakin tidak mendapat backlink dari blog anda

b. Menggunakan IFrame
Dengan menggunakan IFrame, komentar facebook tidak bisa dirayapi atau diindeks oleh Goolge, komentar facebook tidak relevan untuk keyword yang bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian.

c. Tidak bisa menggunakan anonymous
Jadi komentar Facebook tidak bisa memberikan komentar jika tidak menggunakan komentar facebook, dan tidak bisa menggunakan anonymous.

3. Disqus Komentar
Disqus ini merupakan aplikasi komentar yang cukup bagus bagi saya, karena memang sejenis media social yang khusus dibuat komentar.

Kelebihan utamanya adalah Disqus dapat menyimpan seluruh komentar dalam satu akun Disqus, jadi kita perlu membuat akun disqus jika ingin membuat komentar menggunakan Disqus, jadi disqus akan menyimpan semua komentar yang pernah kita buat kepada banyak blog atau website.

Kita kan menemukannya pada akun kita, lalu kita juga dapat membalas komentar dari Disqus.com tanpa mengunjungi situs blog atau web yang pernah kita berikan komentar. Menarik bukan?

Kelemahan menggunakan Disqus Komentar adalah agak sedikit berat, bahkan jika pengunjung ditempat koneksi yang lambat, bisa – bisa kolom komentar pada artikel tidak muncul.

Itulah ketiga aplikasi komentar yang bisa anda pasang pada blog anda, ada Google+, Facebook, dan Disqus.

Sekarang kembali kepada anda mau menggunakan yang mana, menggunakan versi bawaan juga tidak masalah yang penting visitor anda makin meningkat terus.






Tag : Blogger, website
13 Komentar untuk "3 Aplikasi Komentar Yang Bisa Dipasang Pada Blog"

kalau saya lebih suka pakai yg bawan blogger mas..
atau pakai yg google plus juga oke.. :D

Ya gpp jan mas, yang penting mana bagusnya kan?

Mengenai blog untuk pemula mas, apakah enak wordpres atau blogspot?
Apakah sama2 mudah diaplikasikan untuk yang benar2 belajar dari awal?
Terima kasih

Saran saya, pake blogspot dulu mas. Karena lebih mudah dipelajari.

Pake disqus aja lebih enak buat mobile

iya... cucok banget mas kalo para blogger pake disqus. biar pengelolaan komentarya lebih mudah.

Saya belum nyoba tuh yg disqus... Untuk sementara pakai bawaan dulu aja.

Agak lambat sih, cuma pengelolaannya jadi lebih mudah.

trimakasih ilmunya.. ditunggu info2 selanjutnya...

Makasih telah berkunjung. Ikuti terus artikelnya terbaru ya.

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top