www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Cara Membuat Projek Baru di Android Studio





Senang sekali rasanya setelah sekian lama vakum dari dunia blog karena kesibukan kuliah yang super duper dapat kembali memberikan Tips dan Informasi seputar dunia komputer dan teknologi informasi melalui blog ini.

Pada artikel ini kembali akan kita lanjutkan pembahasan tentang pembelajaran membuat aplikasi android, yaitu cara membuat projek baru di Android Studio.

Simaklah langkah – langkah berikut ini:
1. Setelah Android Studio telah berhasil anda instal, bukalah aplikasi tersebut
Sebelumnya baca : Cara menginstal android studio.
2. Kemudian klik menu File, kemudian pilih New
3. Setelah ini klik New Project, maka akan ditampilkan kotak dialog “Create New Project” seperti pada gambar berikut ini:

cara membuat projek baru di android studio


4. Pada kolom Application Name, masukkan nama aplikasi yang ingin anda buat. Misalnya AplikasiPertamaku, biasakan untuk memberikan nama dimulai dengan huruf kapital.

5. Pada kolom Company Domain, isikan domain domain perusahaan anda. Biasanya default dengan nama komputer anda atau namanya telah di-setting saat pertama kali anda menginstal android studio. Jadi biarkan saja.

6. Pada kolom Package Name, biasanya default adalah gabungan dari Company Domain dan Application Name

7. Kemudian pada Project Location adalah lokasi dimana anda akan menyimpan projek anda tersebut.

8. Setelah itu klik Next.
9. Langkah selanjutnya adalah menentukan target device yang ingin anda buat aplikasinya apakah di handphone dan tablet, TV dan lain sebagainya

10. Kemudian tentukan minimum SDK yang ingin anda gunakan, misalnya IceCream Sandwich (Android 4.0) atau Jelly Bean, atau KitKat(Android 4.4) ataupun Lollipop (Android 5.0). Saya sarankan untuk menggunakan IceCream Sandwich (Android 4.0). Setelah selesai Klik Next.

11. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog untuk memilih Activity untuk mobile.
Jadi activity pada android adalah tampilan desain untuk membuat aplikasi android.

cara membuat projek baru di android studio


Baca: 6 Hal yang Kamu Lakukan untuk Membuat Aplikasi Android

Pada gambar di atas ada banyak pilihan activity, misalnya:
- Blank Activity
- Blank Activity with Fragment
- Fullscreen Activity
- Google AdMob Ads Activity
- Google Maps Activity
- Google Play Services Activity
- Login Activity
- Master/Detail Flow
- Navigation Drawer Activity
- dan sebagainya.
Dari jenis – jenis desain activity diatas telah memiliki fungsi masing – masing sesuai kebutuhan aplikasi android yang ingin dibangun.

12. Kemudian pilih “Blank Activity”
13. Langkah selanjutnya adalah “Customize The Activity” yaitu adalah mengatur nama activity yang kita gunakan. Set saja seperti default-nya yaitu “MainActivity”.

14. Langkah terakhir adalah klik “Finish”.

Maka projek baru android telah dibuat.

Setelah kita buat projek baru maka akan ditampilkan layar seperti tampilan android dengan nama “activity_main.xml” di file inilah kita melakukan desain untuk tampilan aplikasi android.
Biasanya saat pertama kali akan dituliskan ”Hello word”.
Kemudian satu file lagi bernama “MainActivity.java” yang merupakan file dimana kita akan membuat kodingan untuk proses aplikasi tersebut.

Jadi ada 2 tipe file yang sangat perlu dalam membuat aplikasi android, yaitu file dengan tipe .java dan file dengan tipe .xml.
Selanjutnya silahkan jalankan aplikasi pertama anda dengan meng-klik run seperti pada gambar di bawah ini, atau dengan menekan tombol Shift+F10.

cara membuat projek baru di android studio


Jika anda telah menginstal SDK maka akan dijalankan di emulator android, tapi bisanya untuk menjalankan dari emulator relatif lama loadingnya, jadi silahkan gunakan hp android anda dengan menghubungkan hp dengan laptop atau komputer dengan kabel USB.
Demikianlah artikel kali ini tentang tutorial cara membuat projek baru di Android Studio, semoga membantu teman – teman yang ingin menjadi pengembang aplikasi android.






0 Komentar untuk "Cara Membuat Projek Baru di Android Studio"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top