www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Mau Tahu Text Editor Andalan Saya dalam Membangun Website?





editor teks dalam membuat website

Sebagai web developer tentunya sudah banyak pengalaman yang saya dapatkan dalam proses pengerjaan website.

Baca: Peluang Besar Web Developer dan Android Programmer

Teman – teman yang membaca blog ini, saya mau sedikit berbagi tentang Text Editor yang saya gunakan dalam membangun website.
Tentunya teks editor yang saya gunakan ada beberapa selama perjalanan saya menjadi pembuat website.

Hal yang penting dilihat dalam proses pengerjaan website adalah bagaimana kita melihat jelas syntax tersebut dan bagaimana kita dapat bekerja dengan cepat dalam proses pembuatan website.

Baca artikel ini sampai tuntas, maka teman – teman akan mengerti apa yang maksud.

Berikut ini ada 3 teks editor yang saya gunakan dalam membuat website, yaitu:

1. Notepad++
Ini adalah teks editor yang pertama kali yang saya kenal. Teks editor ini memang masih sangat sederhana jika ditinjau dari fitur. Hanya sedikit berbeda dengan notepad (teks editor bawaan OS). Pada Notepad++ hanya terdapat warna yang bervariasi dalam proses penulisan syntaxnya, sehingga lebih memudahkan kita memahami kodingan.

Ternyata sangat besar manfaatnya  khusus bagi pemula dalam pemrograman web, atau yang sedang masa belajar.

Alasannya karena dalam penulisan di Notepad++ kita harus menuliskan syntax semuanya secara manual. Sehingga jika kita sering menuliskan syntax – syntax tersebut, secara tidak langsung kita akan mengingat dan paham dalam membuat kodingan untuk halaman web.

Jadi ketika dulu saya mendapat matakuliah pemrograman web, saya juga direkomendasikan oleh dosen untuk menggunakan Notepad++ dalam proses belajar.
Jadi dalam masa tahapan belajar gunakan Notepad++

Baca: Cara Praktis Membuat Blog

2. Sublime Text 
Sublime Text merupakan editor teks yang ringan tapi elegan. Saya menyukai editor teks ini dan banyak programmer website juga yang menggunakan Sublime Text.
Keunggulan dari Sublime Text adalah :
- waktu dalam penulisan syntax, software ini merekomendasikan syntax – syntax yang ingin kita tuliskan
- prosesnya sangat ringan
- sublime text juga menampilkan folder dan sub folder dari website kita, sehingga memudahkan kita dalam proses pengeditan setiap halaman web.

3. Dreamweaver
Bagi yang pernah membuat web pasti nama yang satu ini tidak asing di telinga, karena Dreamweaver merupakan andalah para programmer web karena fitur dan keunggulannnya yang memang sengaja untuk pengolahan halaman web.

Dreamweaver memiliki semua keunggulan yang dimiliki oleh kedua teks editor diatas tadi, tetapi keunggulan Dreamweaver yang lain tentunya masih sangat banyak.
Seperti berikut ini:
- Memiliki 3 interface yaitu Code (hanya menampilkan code), Split(menampilkan setengah kode dan setengah lagi tampilan web), Live(menampilkan halaman web).

- Mode live merupakan fitur yang sangat saya unggulkan karena tidak perlu membuka tampilan web melalui browser. Langsung saja bisa ditampilkan di di Dreamweaver

- Mendukung sangat banyak bahasa seperti HTML, CSS, LESS, Sass, SCSS, Javascript, JSON, PHP, XML, SVG sehingga waktu kita membuat dokumen dengan ektensi file seperti di atas, maka syntax dasarnya sudah langsung dituliskan sehingga ini dapat menghemat waktu

Baca juga: 5 Halaman Penting untuk Memaksimalkan Blog

- Kemudian Dreamweaver juga banyak mendukung template, seperti Dreamweaver terbaru sudah mendukung bootstrap dan template responsive lainnya.

Dari keunggulan dan fiturnya tentunya sangat mempercepat proses pengerjaan website, tetapi meskipun demikian ada beberapa kelemahan seperti:

- Dreamweaver agak berat sehingga tidak disarankan untuk laptop atau komputer dengan spek rendah.

- Dreamweaver adalah software berbayar, sehingga tidak disarankan untuk digunakan secara ilegal
- Sering not responding karena proses lambat.

Dari penjelasan tentang editor text diatas dapat disimpulkan bahwa kalau Notepad++ digunakan ketika masih belajar web, Sublime Text prosesnya cepat sedangkan Dreamweaver mempunyai fitur dan keunggulan yang banyak
Jadi untuk teman – teman silahkan dipilih yang mana saja sesuai tahap Anda dalam proses pengerjaan website.






Tag : Software, website
6 Komentar untuk "Mau Tahu Text Editor Andalan Saya dalam Membangun Website?"

Saya paling suka dengan Notepad++, ringan sekali. Sederhana. Cocok untuk simpan cadangan file coding.
Dulu pernah coba pasang dreamweaver. Program dreamweaver ini benar-benar khusus untuk desain web.

Dulu saya juga lebih sering menggunakan notepad++, tapi sublime teks lebih bagus rasanya, jadi udah pindah.

Sublime + SideBarFolder(Plugin) + Emmet(Plugin jugak) = Perfect!
:3

jd pengen belajar buat website pake notepad :D apa ada artikel tentang cara membuat website menggunakan bahasa Html mas? :)

Ada mas, silahkan aja dibuka bagian kategori website...

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top