www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Google Persiapkan 100 ribu Android Developer di Indonesia





google persiapkan 100000 android developer indonesia

Dalam rangka program kerja Presiden Indonesia, Joko Widodo di Amerika Serikat pada acara KTT AS-ASEAN seminggu yang lalu. Jokowi juga menyambangi markas besar Google di Mountain View, California.

google persiapkan 100000 android developer indonesia
Presiden Joko Widodo berdiskusi bersama CEO Google, Sundar Pichai di kantor pusat Google, Mountain View, California (sumber: http://googleasiapacific.blogspot.co.id/)


Dari hasil kunjungan bapak Presiden Indonesia ini, Google secara resmi mengumumkan rencana untuk membantu Indonesia menyiapkan 100.000 ribu developer Android hingga tahun 2020 di Indonesia.

Baca: Sejarah Baru Google di Bawah Alphabet

Tentunya ini kabar yang luar biasa menarik di Indonesia. Ini menjadi kesempatan kepada para developer – developer di Indonesia, terutama di bidang Android.



Program ini akan ditempuh selama 4 tahun ke depan dengan kerja sama erat dengan mitra di seluruh Indonesia yang akan dicapai melalui 3 (tiga) tahapan seperti berikut ini:

1. Tahap Pertama, Google akan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang memiliki jurusan Ilmu Komputer/ Teknik Informatika atau sejenisnya.
Google akan menargetkan mahasiswa tingkat akhir di PT yang bersangkutan untuk dilatih menjadi seorang developer Android melalui kurikulum 1 semester.

Jadi ini kesempatan terbaik kepada teman – teman yang berada di jurusan tadi, terutama mahasiswa tingkat akhir untuk menunggu program dari Google ini.

2. Tahap Kedua, Google akan menerjemahkan kelas Udacity yang mereka kembangkan ke dalam Bahasa Indonesia. Udacity merupakan situs penyedia layanan belajar teknologi secara online, dimana Google akan menjadi partner resmi dalam menyediakan kelas – kelas belajar teknologi terkini.

Dengan diterjemahkan kelas – kelas pilihan ini, para calon developer di Indonesia dapat lebih mudah dalam belajar dan berkarya.

3. Tahap Ketiga, Google akan lebih mengaktifkan komunitas belajar android di Indonesia yang dikenal dengan nama Indoneisa Android Academy.

Baca: 6 Hal yang Kamu Lakukan untuk Membuat Aplikasi Android

Komunitas ini akan diadakan di 5 kota Indonesia, yaitu: Bandung, Jakara, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Google berharap dengan komunitas ini dapat menjangkau calon developer yang lebih bermutu.
Itu adalah 3 tahapan yang paling utama untuk dilakukan Google di Indonesia untuk mencari bakat – bakat menjadi developer android. Selain ke-3 tahapan tersebut, Google juga membuat program lain seperti Google HackFair untuk memamerkan aplikasi hasil karya developer dan Launcpad untuk melatik keterampilan developer mulai dari pemasaran, desain UX/UI hingga cara menjual ide bisnis.

Kemudian ada berita baik dari Google Play juga bahwa baru – baru ini menurunkan harga dari Rp. 12.000 ke Rp. 3.000 agar pengembang dapat menjangkau lebih banyak orang. Ini bertujuan untuk mengubah aplikasi menjadi usaha sukses yang dapat menjangkau lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Di Indonesia memang ada developer yang sudah sukses, tetapi itu relatif sangat sedikit dibandingkan dengan besarnya negara ini.

Jadi perlu sekali memang program – program yang seperti yang dilakukan oleh Google ini untuk membentuk minat – minat yang berkecimpung di dunia IT dan memberikan angin segar atau harapan baru untuk mencapai era digital yang lebih baik di Indonesia.






Tag : Info
0 Komentar untuk "Google Persiapkan 100 ribu Android Developer di Indonesia"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top