www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Memahami Konsep MVC dalam Pembuatan Website





Sudah pernahkah anda mendengar MVC? Mungkin bagi sebagian orang sudah ya, tapi bagi kebanyakan orang ini merupakan hal yang baru dan baru sekali. Bahkan untuk para developer website sekalipun, mungkin istilah MVC tidak banyak didengar.

Ternyata setelah saya pelajari dan saya mencoba menerapkan konsep MVC barulah saya mengerti juga mengapa MVC itu diperlukan dan apa tujuannya.
Sebelum membahas lebih jauh, mari kita memahami tentang MVC terlebih dulu.

Baca: 4 Langkah Mudah Membangun Website

Pengertian MVC
MVC merupakan singkatan dari Model – View – Controller. Dalam hal ini biasanya website yang ingin dibangun adalah website untuk sistem informasi yang saling berkaitan dengan database.

Website yang dibangun akan dipilah atau dibagi menjadi 3 bagian, perhatikan gambar berikut ini:
memahami konsep mvc dalam membuat website

Penjelasan:
Website yang dibagun akan dibagi menjadi 3 bagian dengan fungsi masing – masing:
Model – Di model akan dilakukan pengecekan dan pemanggilan database (insert, update, edit, search, dll). Kemudian mengembalikan (Callback)  ke Controller tentang hasil yang dari database apakah berhasil atau gagal (error).

View – Bagian view berfungsi menampilkan data yang diambil dari database dalam bentuk web, jadi view inilah yang kita lihat sebagai interface/tampilan web. Melalui View juga kita akan melakukan register / sign-up/sign-up/request user.

Controller – Bagian controller adalah mengambil request dari user dan akan dikirimkan ke model. Kemudian callback dari model akan dikirim ke view. Jadi controller merupakan penghubung antara model dengan view.

Baca juga : Cara Membuat Halaman Web

Secara singkat Model untuk mengatur alur database, View untuk menampilkan web, sedangkan Controller untuk mengatur alur kerja antara model dan view.

Jadi Model tidak langsung berhubungan denga View, begitu juga sebaliknya, tetapi yang menghubungkan mereka dalah controller.

Apakah anda belum mengerti?
Jika anda belum mengerti anda boleh memperhatikan ilustrasi atau contoh berikut ini:
Misalnya anda ingin membuat email. Pertama anda akan melihat tampilan sign-up (halaman registrasi). Halaman inilah yang disebut view, kemudian Anda menuliskan form pengisian tentang data anda beserta username dan password.
Ketika anda klik tombol sign-up maka View akan memanggil controller dan controller yang memanggil model. Pada bagian model, akan dilakukan pengecekan apakah data sudah sesuai dengan ketentuan pada database. Pesan sukses atau gagal akan dikirim kembali ke controller dan controller akan meneruskan ke View. Di view kita akan melihat registrasi kita berhasil atau gagal.

Nah, dengan ilustrasi ini mungkin akan lebih mudah dipahami ya, bahkan orang awam dalam pembuatan website juga bisa mengerti.

Keuntungan membangun website dengan konsep MVC
Teman – teman mungkin bertanya – tanya mengapa saya menjelaskan konsep MVC ini, tanpa tahu kegunaan dan keuntungannya.

Konsep MVC saat ini memang sangat populer digunakan. MCC digunakan untuk membangun sistem informasi berskala besar dan rumit. Ini tentunya untuk membantu para developer.

  • Menghasilkan modul yang kita inginkan menjadi cepat 
  • Pada konsep MVC kita menjumpai ORM (Object Relation Mapping) dengan ORM kita tidak perlu repot dengan menuliskan syntax SQL yang spesifik untuk database terentu.
  • Kemudahan dalam melakukan pengubahan dilain waktu karena website lebih terstruktur, sehingga mudah menemukan bagian yang ingin diubah.

Konsep MVC diterapkan pada framework PHP, seperti CodeIgniter. Di CodeIgniter lah kita akan menerapkan konsep ini dalam membuat website.

Baca: Pengenalan PHP dan Cara Menjalankannya

Demikianlah artikel kali ini, semoga dapat membantu anda memahami konsep MVC dalam pembuatan website. Jika masih ada yang kurang jelas atau membingungkan silahkan anda bertanya di kolom komentar di bawah ini.






Tag : website
0 Komentar untuk "Memahami Konsep MVC dalam Pembuatan Website"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top