www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Pengertian Cloud Computing dan Manfaatnya yang Dahsyat Saat Ini





pengertian cloud computing dan manfaatnya


Tifkom – Kembali berjumpa lagi dengan saya Ronaldi Tumanggor. Apa kabar semua??? Semoga sehat selalu ya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi hal penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Rasa – rasanya kemajuan teknologi tidak ada habisnya seiring dengan waktu berjalan.

Berbagai inovasi dan pengembangan terus dilakukan para pekerja – pekerja IT. Tentunya untuk menyempurnakan teknologi yang ada sebelumnya dan menciptakan teknologi baru.
Hal ini dilakukan semua bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dalam artikel ini kita akan berusaha memahami apa sih “Cloud Computing” dan apa kegunaannya dalam kehidupan manusia.

Mari kita simak ulasan berikut ini:

Dahulu kala sebelum istilah Cloud Computing, pastinya orang – orang sudah mengenal data. Data merupakan hal yang bersifat penting yang perlu dijaga, dapat diolah dan perlu disimpan.
Orang – orang dahulunya meyimpan data dalam bentuk berkas / dokumen yang disimpan dalam brankas. Proses ini dilakukan sebelum ada komputer.

Setelah komputer berkembang maka data bisa disimpan di dalam media penyimpanan (storage) seperti harddisk, flashdisk, floppy disk atau juga CD/DVD. Data juga bisa disimpan dalam server lokal yang dibangun di dalam sebuah ruangan.

Tentunya data semakin lama akan semakin bertambah kapasitasnya, tetapi media penyimpanan memiliki kapasitas yang terbatas sehingga tidak dapat menampung data yang terus meningkat.
Kemudian setelah dikenal adanya jaringan Internet, kita penyimpanan data pun bisa dilakukan di internet, memang sudah sangat membantu bagi organisasi atau perusahaan untuk menyimpan data di internet. Tetapi masih saja merepotkan karena diharuskan untuk membeli datacenter, melakukan konfigurasi serta penyewaan hosting dalam jangka tertentu dengan pembayaran yang flat.

Dengan pengembangan – pengembangan yang terus dilakukan maka terciptalah inovasi baru yaitu “Cloud Computing”.

Dalam dunia Cloud Computing kita mengandalkan istilah “awan” atau jaringan internet sebagai pusat dari segalanya. Kita memiliki pusat data di Cloud, sehingga akan tercipta Big Data di Cloud.

Dengan Cloud Computing kita tidak perlu lagi mengurusi penggunaan datacenter, cara konfigurasinya dan juga kompleksitas penggunaan datacenter sendiri.

Tentunya inovasi ini memudahkan para perusahaan untuk lebih fokus dalam pengurusan produk atau juga bisnis mereka karena tidak perlu lagi melakukan pengaturan, konfiguras datacenter.
Cloud Computing memastikan semua data kita terpusat di awan sehingga tidak memakan tempat, dan hal ini akan memudahkan kita untuk mengakses data dimana dan kapan pun.

Secara umum, Cloud Computing dapat diartikan bahwa adanya perubahan suatu pola komputasi yang dilakukan oleh organisasi yang bersifat personal menjadi sebuah layanan yang terkelola.

Berdasarkan pemahaman ini, ada beberapa sifat Cloud Computing yang perlu diketahui:

  1. On Demand Services yaitu pembiayan dilakukan berdasarkan pemakaian server. Jadi tidak lagi seperti pemesanan hsoting yang pembayarannya telah ditentukan per bulan. 
  2. Broad Network Access, yaitu lokasi jaringan sumber daya akan selalu sama berada pada datacenter tertentu. Tentunya hal ini memudahkan pemindahan dan back up data. Hal ini juga akan memduahakan organisasi atau perusahaan memanfaatkan teknologi ini untuk mengakses data di tempat mana pun dan kapan saja
  3. Measured Service yaitu penghitungan biaya pada Cloud Computing diukur dari besar penggunaan. Sehingga berbeda dengan metode komputasi konvensional yang bersifat periodik dan tetap
Berdasarkan karakteristiknay, Cloud Computing terbagi menjadi 3 bagian penting yaitu:

  1. Software as a Service (SaaS): yaitu penggunana oneDrive tanpa pengguna harus tahu cara konfigurasi dari pengimplementasian oneDrive itu sendiri. Jadi yang Cloud Computing yang berperan untuk mengoperasikan dan mengamankan infrastruktur, sistem operasi dan aplikasi sedangkan pengguna hanya menggunakan perangkat untuk melakukan penyimpanan, pemindahan dan pengubahan data.
  2. Infrastructure as a Service (IaaS): yaitu pengguna dapat melakukan penyewaan infrastruktur dan juga dapat melakukan modifikasi atau pengubahan terhadapnya. Jadi pengguna bisa melakukan pengubahan sesuai kebutuhan sehingga Cloud Computing bersifat fleksibel. Pengguna akan mengontorl semua konfigurasi dan aplikasi, tetapi tetap saja Cloud Computing akan mengoperasikan dan mengamankan infrastruktur.
  3. Platform as a Service (Paas): yaitu penggunaan infrastruktur yang disediakan dimana pengguna diberikan akses untuk pengelolaan resources yang tersedia hingga juga perangkat pengembangannya. Hal ini dapat pengguna lakukan pada Windows Azure, jadi silahkan baca artikel ini.


Itulah penjelasan tentang Cloud Computing, bagaimana sistem kerjanya dan apa saja yang bisa dilakukan di dalam Cloud Computing.

Semoga artikel ini menambah wawasan anda dalam perkembangan dunia teknologi terlebih dalam hal inovasi Cloud Computing.

dapatkan sertifikat kemanan di dunia berbasis cloud dari microsoft






Tag : Info, Microsoft
0 Komentar untuk "Pengertian Cloud Computing dan Manfaatnya yang Dahsyat Saat Ini"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top