www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Mengatasi Tab Discarding pada Inactive Tab di Google Chrome





Tifkom – Apakah anda sering menggunakan Google Chrome untuk browsing ? Jika iya, anda mungkin pernah mengalami masalah Tab Discarding. Tab Discarding adalah sebuah fitur di Chrome, sering terjadi jika anda browsing menggunakan lebih dari 1 tab dan berpengaruh pada Inactive Tab. Inactive Tab adalah tab yang sedang tidak dipakai tetapi aktif di background. Contoh kronologi dari Tab Discarding adalah seperti di bawah ini :

Google Chrome Logo
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e2/Google_Chrome_icon_(2011).svg/2000px-Google_Chrome_icon_(2011).svg.png

  1. Anda mempunyai 2 tab di Chrome. Sebut saja tab ke-1 dan tab ke-2. Kedua tab tersebut telah selesai load halaman web-nya. 
  2. Anda sedang memakai tab ke-1 (tab ke-2 dalam keadaan tidak aktif).
  3. Setelah sekian lama memakai tab ke-1, ketika anda mau mengganti ke tab ke-2, tab ke-2 tersebut dengan sendiri me-refresh lagi halamannya 
Jadi, apakah anda pernah mengalami kronologi seperti yang ada di atas ? Di artikel ini, saya tidak hanya memberitahu cara mengatasinya tetapi apa sih yang ada dibalik Tab Discarding tersebut. Tab Discarding bukanlah sebuah bug dan juga fitur yang permanen di Chrome.

Kelebihan dari Tab Discarding adalah hemat memori (apalagi anda mempunyai kapasitas RAM yang relatif rendah). Secara default, jika kapasitas RAM anda sudah hampir penuh, Chrome akan men-discard tab-tab yang sedang tidak digunakan. Kata "discard" disini bukanlah menutup tab-tab yang sedang tidak digunakan, melainkan membunuh proses-proses yang ada di tab tersebut sekaligus mengurangi penggunaan RAM. Jadi, pada saat mengganti ke tab yang telah di-discard, halaman-nya akan di-reload lagi.

Kekurangan dari Tab Discarding adalah menguras penggunaan kuota internet (untuk paket internet ber-kuota). Bayangkan saja jika sebuah tab membuka website yang ukuran-nya (page size) besar dan tab tersebut di-discard karena anda memakai tab lain. Tab tersebut akan me-reload lagi dengan page size yang sama atau sebagian saja (karena caching). Setiap proses refresh/reload page di internet pasti memakai yang namanya data plan.

Sudah tau kan apa kelebihan dan kekurangan dari Tab Discarding ? Nah, saya akan memberitahu cara untuk men-disable fitur Tab Discarding ini jika anda tidak suka dengan fitur ini. Dengan men-disable fitur ini, bisa jadi Chrome anda tidak menghemat memori tetapi ini semua tergantung pada jumlah tab yang dibuka dan program-program yang berjalan selain Chrome. Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini untuk men-disable fitur Tab Discarding :


1. Buka Google Chrome anda 
2. Ketik di address bar-nya : chrome://flags/
 
chrome://flags experiments

3. Cari "tab discarding" dengan menekan tombol CTRL + F kemudian ubah jadi disabled melalui menu dropdown dan klik Relaunch Now supaya settingan-nya bisa berpengaruh 

chrome://flags disable tab discarding

4. Selesai. Fitur Tab Discarding sudah di-disable 

Anda harus pandai-pandai mengawasi penggunaan RAM jika kapasitasnya relatif rendah. Sering-sering juga buka Task Manager-nya Google Chrome dengan menekan tombol Shift + Esc. Di bawah ini ada beberapa tips untuk meng-optimalkan penggunaan RAM pada Chrome : 

Google Chrome's Task Manager

  1. Jangan install extension yang banyak karena extension juga merupakan task / proses di Chrome. Install saja sesuai kebutuhan
  2. Tutuplah tab-tab yang sudah tidak digunakan (untuk fitur Tab Discarding di-disable) 
  3. Tutuplah program-program selain Chrome yang sudah tidak digunakan
  4. Menambah kapasitas RAM pada laptop/PC Anda 
Google Chrome termasuk salah satu browser yang penggunaan memori-nya banyak. Jadi, para pengembang Chrome menambah fitur Tab Discarding ini. Selain itu, Chrome juga browser multi-process. Anda bisa melihat di Task Manager laptop/PC anda. Di sana ada banyak proses dari Google Chrome walaupun Chrome yang dibuka hanya 1. Multi-process ini justru akan lebih menghemat penggunaan memory RAM dibandingkan dengan Single-Process dan jika 1 proses rusak, tidak akan berpengaruh dengan proses-proses yang lain.

Windows 8 Task Manager

Saya sendiri jika menggunakan Google Chrome, saya run dengan GPU Nvidia saya dan ternyata lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Dedicated Graphic Card Intel saya. Dengan menggunakan GPU Nvidia, VRAM yang ada di dalam Nvidia tersebut juga dipakai. Jadi, tidak semua proses-proses Chrome dijalankan di RAM Laptop saya.

Sekian dari saya tentang cara Mengatasi Tab Discarding pada Inactive Tab di Google Chrome. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi anda.





Tag : Info, Software, Tips
0 Komentar untuk "Mengatasi Tab Discarding pada Inactive Tab di Google Chrome"

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top