www.TIFKOM.net

Blog Komputer - Blog tentang tips, informasi dan panduan tentang belajar komputer, website, programming, desain grafis, database, jaringan, software dan SEO yang terlengkap dan terbaru.

Lakukan 10 Hal ini untuk Menghemat Memori Internal di Android

Android merupakan salah satu Sistem Operasi (OS) yang paling populer untuk smartphone saat ini. Android adalah sistem operasi bukan merek smartphone.

Sering kali kita salah mengartikan, terutama orang awal yang sering mengatakan HP Android, padahal mereknya adalah ASUS atau Samsung. Hehehe.... itu sekedar intermezzo aja.

cara menghemat memori internal android


Berbicara tentang android sering kita dipusingkan dengan kapasitas memori internal yang kecil. Hanya berkisar 4 GB, padahal proses peyimpanan data yang kita lakukan selalu bertambah. Dimulai dari menginstal banyak aplikasi, menyimpan gambar, musik dan video serta dokumen lainnya sehingga membuat memori internal kita cepat penuh.

Tahukah kamu bahwa, “memori internal yang penuh menjadi salah 1 faktor utama menyebatkan lambatnya android kita”.

Sehingga kita harus dapat memanajemen memori internal di android kita agar android tidak lemot.

Berikut adalah hal – hal yang harus bisa kita lakukan untuk menghemat memori internal di android, yaitu:

1. Uninstal aplikasi yang tidak digunakan
Banyaknya aplikasi yang terinstal di android akan memakan memori yang banyak pula. Mungkin saja aplikasi tersebut terinstal dengan sendirinya saat anda baru membeli android, daripada membuat semak di android anda lebih bagus anda uninstal aplikasi tersebut. Bahkan mungkin banyak aplikasi yang tidak pernah anda ketahui apa manfaatnya langsung saja uninstal sehingga yang tersisa adalah aplikasi yang benar – benar anda butuhkan.

2. Hindari menginstal aplikasi dengan fungsi yang sama
Mungkin di android anda ada 2 atau 3 aplikasi dengan fungsi yang sama, misalnya browser di android anda sudah ada, tetapi anda masih mengisntal Chrome, jadi penggunaannya tidak maksimal malah membuat memori menjadi cepat penuh.
Caranya adalah:
- Pilih Settings
- Pilih Apps
- Klik aplikasi yang ingin di uninstal
- Klik uninstal

3. Gunakan memori eksternal
cara menghemat internal di android

Jika anda hanya masih mengandalkan memori internal untuk meyimpan data kamu di androoid, maka itu tidaklah cukup karena kita selalu menyimpan data. Jadi gunakanlah memori eksternal mulai dari sekarang juga. Memori saat ini sudah sangat besar ukurannya, dimulai dari 2GB – 256 GB pun sudah ada, dan harga Memory Card saat ini relatif murah.

4. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal
Selain meng-uninstal aplikasi yang tidak penting, anda juga boleh memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Biasanya yang bisa dipindahkan adalah aplikasi yang anda download dari PlayStore, dan tidak merupakan aplikasi bawaan dari android.
Caranya yaitu:
- Pilih Setting
- Pilih App
- Pilih Tab Moveable
- Langkah terakhir adalah silahkan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan.

Hati – hati: jangan terlalu sering membuka memori eksternal dari smartphone anda jika sudah disimpan aplikasi di dalamnya, karena kemungkinan aplikasi tersebut bisa menjadi crash.

5. Pindahkan semua file ke memori eksternal
File yang berupa gambar, musik dan video serta dokumen lainnya seperti pdf dan sebagainya boleh anda pindahkan ke memori eksternal sehingga membuat memori internal lebih ringan.

6. Ubah lokasi penyimpanan
Mengubah lokasi penyimpanan merupakan cara yang bagus juga, bagaimana anda menjadikan memori eksternal sebagai penyimpanan default untuk android anda, misalnya jika anda berfoto maka secara otomatis foto anda disimpan di memori eksternal, atau jika anda ingin mendownload file maka file akan tersimpan di memori eksternal.

7. Jangan menyimpan file yang berukuran besar di android
File yang berukuran besar yang sering kita jumpai adalah video, bisa mencapai ratusan MB hingga GB. Nah, menyimpan video di android perlu anda hindari, karena hanya menyimpan beberapa video saja kemungkinan memori internal anda sudah penuh.

8. Bersihkan Cache
Sebenarnya file yang berupa Cache tidak terlalu besar ukurannya, namun anda juga perlu membersihkan cache. Fungsi cache biasanya untuk menyimpan pengaturan, history, username dan password pada suatu aplikasi, jadi jika anda menghapus cache bisa jadi aplikasi kembali ke pengaturan default.
Aplikasi yang sering dihapus cachenya adalah browser.

9. Gunakan aplikasi cleaner
Anda bisa menginstal aplikasi cleaner sehingga dapat menjaga dan merawat android anda tetap bersih dan cepat. Android akan menghasilkan junk file (file sampah) proses dari pemakaiannya. Jika file sampah ini tidak dihapus, maka akan terus bertumpuk membuat android menjadi lelet.
Contoh aplikasi cleaner yang ada di PlayStore adalah Clean Master, The Clean, Speed Up Clean, Ccleaner, DU Speed Booster, atau AVG Cleaner dan masih banyak lagi

10. Memanfaatkan Cloud Storage
cara menghemat memori internal android

Perkembangan teknologi akan terjadi secara terus menerus. Kemudian smarthone dengan internet merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu kita dapat memanfaatkan Cloud Storage (Penyimpanan Awan) sebagai alternatif baru untuk menghemat memori internal kita.
File – file di smartphone bisa dipindahkan ke Cloud. Cloud Storage yang tersedia di PlayStore adalah Google Drive, Dropbox dan OneDrive.

Aplikasi ini adalah gratis dan menyediakan space memori hingga puluhan GB. Sangat bermanfaat bukan?

Demikianlah artikel kali ini tentang tips untuk menghemat memori internal pada android, karena jika memori internal penuh maka akan mempengaruhi kecepatan android anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan dibagikan kepada teman – teman kamu.

Tag : Komputer, Tips
5 Komentar untuk "Lakukan 10 Hal ini untuk Menghemat Memori Internal di Android"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

kalo saya sih biasanya hapus cache sama naruh file gambar di cloud dijamin menghemat banget memori :)

Iya cache juga bisa, tapi relatif gak besar mas. Kemudian kalau cloud pasti butuh kuota internet yang banyak.

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

Back To Top